Akibat Jalan desa rusak parah warga Desa Cantuk Singojuruh unjukrasa

  • Bagikan
Akibat Jalan desa rusak parah warga Desa Cantuk Singojuruh unjukrasa (Foto:Red)

Tanganrakyat.id, Banyuwangi – Warga Desa Cantuk Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur menggelar do’a bersama sekaligus unjukrasa karena jalan desa rusak parah akibat dilalui kendaraan Truk yang melebihi kapasitas  karena adanya pekerjaan penambangan di  daerah tersebut sehingga banyak warga yang celaka, Selasa (5/7).

Dalam unjukrasa dan doa bersama menuntut ke pihak pengusaha penambang agar mematuhi Peraturan Bupati No. 60 Tahun 2021 Tentang Angkutan Barang dan Bak Muatan Terbuka.

Haji Masbudi Kepala Desa Cantuk mengatakan warga tidak melarang adanya truk standart yang melintas di wilayah Desa Cantuk, tapi pihaknya melarang truk yang melebihi tonase (odol) yang mengakibatkan kerusakan jalan di desa rusak parah hingga banyak warga yang mengalami kecelakaan saat berkendara.

“Surat tembusan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Bupati Banyuwangi, Ketua DPRD Banyuwangi, Dinas Perhubungan dan Mantan Bupati Banyuwangi sudah dikirimkan mudah-mudahan aspirasi kami ditanggapi dengan serius,” ucap Masbudi Kepala Desa Cantuk.

Perlu diketahui bahwa selama ini Pemerintah Desa Cantuk setiap dua tahun sekali harus memperbaiki akses jalan yang rusak yang seharusnya menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Banyuwangi karena jalan ini merupakan wewenang dari kabupaten bukan menjadi tugas dari pemerintah Desa Cantuk.

Sedangkan AKP Abdullah Syajad, SH
Kapolsek Singojuruh, unjukrasa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cantuk sudah melalui mekanisme surat pemberitahuan dari Dinas Perhubungan Banyuwangi yang turun di Polsek Singojuruh.

“Kita turunkan 15 orang personil dengan pakaian seragam dan juga berpakaian preman, turut mengawal jalannya unjukrasa Babinsa Singojuruh Serka B. Ahmadi,” ujarnya.

Syajad juga menghimbau kepada masyarakat Desa Cantuk untuk selalu berhati-hati pada saat berkendara karena jalan rusak dan licin.

Baca juga : Peringati Hardiknas IPNU Banyuwangi gelar diskusi Panel

Unjukrasa warga Desa Cantuk berjalan dengan tertib dan aman menjelang sore warga membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing. (Dandy)

  • Bagikan

Comment