PHR Raih Penghargaan dari BKKBN dalam Percepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan
PHR Raih Penghargaan dari BKKBN dalam Percepatan Penurunan Stunting (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Medan – Komitmen dan kontribusi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan terhadap perkembangan wilayah sekitar operasinya mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat yaitu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). PHR WK Rokan mendapat penghargaan Juara Ke-3 Nasional kategori donatur dengan jumlah donasi terbanyak dalam Gerakan Bapak Asuh Anak Stunting. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala BKKBN Dr.(H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dan diterima oleh Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin pada Rabu (6/7).

Acara penghargaan yang diadakan secara daring dan luring ini dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. bertempat di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan. “Presiden menargetkan angka stunting turun menjadi 14 persen pada Tahun 2024. Untuk mengejar target tersebut, maka prevalensi stunting harus turun tiga persen per tahun,” tuturnya.

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi PHR WK Rokan yang telah menjadi donatur dengan jumlah donasi terbanyak dalam Gerakan Bapak Asuh Anak Stunting yang dilakukan selama satu bulan sejak tanggal 17 Mei 2022 – 17 Juni 2022. Program ini diselenggarakanggarankan oleh Direktorat Bina Keluarga Balita dan Anak dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-29.

“Penghargaan ini cermin kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan PHR WK Rokan untuk bersama-sama mendukung program percepatan penurunan angka stunting nasional. Program pencegahan stunting yang dijalankan PHR WK Rokan juga selaras dalam pencapaian Sustainable Development Goals nomor tiga, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia”, ujar Jaffee Arizon Suardin.

Program pencegahan stunting ini merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR WK Rokan di bidang kesehatan yang akan dilaksanakan di 57 Posyandu di empat kabupaten di Riau, yakni Bengkalis, Kampar, Rokan Hilir, dan Siak hingga Desember 2022. PHR WK Rokan bekerja sama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Riau dalam pelaksanaannya. Kegiatan utamanya antara lain, pemberdayaan lebih dari 100 kader posyandu; pelaksanaan kegiatan rutin bulanan posyandu; promosi dan sosialisasi kesehatan; serta pemberian makanan tambahan dan pemberian peralatan pendukung seperti alat timbang berat badan dan pengukur tinggi badan. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan status gizi pada Ibu hamil dan bayi di bawah dua tahun dengan mobilisasi Posyandu. (**)

 

  • Bagikan

Comment