Desa Cantigi Kulon, jalankan program unggulan LEDIG dengan pelayanan publik berbasis teknologi

  • Bagikan
Kepala Desa Chaerotunnisa, S.Pd.i (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu Jawa Barat menjalankan Program LEDIG (Lebu Digital) guna meningkatkan keterbukaan informasi publik sekaligus kesejahteraan masyarakat berbasis teknologi menuju Indramayu “BERMARTABAT” (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Program LEDIG di Desa Cantigi pada Kamis, 7 Juli 2022 telah diresmikan oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H.,M.H.,C.R.A  bertempat di Kantor Desa Cantigi Kulon.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hj. Nina Agustina Da’i Bahtiar menyampaikan, bahwa program LEDIG merupakan salahsatu dari sepuluh unggulan Indramayu “BERMARTABAT”

“Dengan adanya Desa Digital ini  Camat atau kepala Desa (Kuwu) harus terus mensuport program unggulan Indramayu “BERMARTABAT” karena sesuai visi misi dan sudah didaftarkan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan menjadi RPJMD juga di perdakan.

Sedangkan Kepala Desa Chaerotunnisa, S.Pd.i dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini kita telah membuktikan desa-desa yang berada di bawah naungan Kecamatan Cantigi memulai inovasi, yang sangat maju salah satunya adalah Desa Cantigi Kulon. Peresmian ini ada, berkat kerja keras perangkat Desa Cantigi Kulon beserta team eDESA dari PT. INTI SMART SOLUTION.

“Awalnya  eDESA mengajukan penawaran melalui Kecamatan Cantigi untuk melakukan sosialisasi ke desa-desa di Kecamatan Cantigi yang mana kami menyambut baik hal tersebut. Kecamatan Cantigi mengetahui dan menjaga proses eDESA mulai dari Sosialisasi terhadap desa, Pelatihan kepada perangkat-perangkat desa, Implementasi sistem hingga sosialisasi terhadap warga-warga desa melalui rt/rw desa. Hal ini diupayakan agar dengan majunya kantor desa terhadap sistem sejalan dengan majunya warga sehingga dapat menggunakan sistem tersebut,” ujar Kepala Desa.

Kemudian, sistem eDESA ini ikut mendorong program unggulan Bupati Indramayu dimana hal itu adalah wajib bagi kami melakukan support secara penuh. Apresiasi sebesar-besarnya terhadap Desa Cantigi Kulon atas penyelenggaraan peresmian ini sehingga bisa dicontoh oleh desa-desa lain di Kecamatan Cantigi agar sesama desa berkomunikasi lebih cepat dan efisien, dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu Hj Nina Agustina yang selalu mensuport masyarakatnya.

Baca juga :Bupati Nina Agustina: Kartini Masa Kini Jadikan Perempuan Indramayu Bermartabat

Dalam Peresmian dihadiri Forkopimda, Forkopimcam setempat, Pak rudi, Pak Abdurrafiq Fahman, SE,
Pak Chafifur Ruhan Al Islami, ST,
Pak Ilah, Para Kepala Desa (Kuwu),
Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Indramayu, serta tokoh masyarakat dan agama. (Yul)

  • Bagikan

Comment