STAI Sayid Sabiq Indramayu Persiapkan Lulusan yang Cakap Digitalisasi

  • Bagikan

Tanganrakyat.id, Indramayu – STAI Sayid Sabiq Indramayu selenggarakan stadium generale dan sidang yudisium dengan membawakan sebuah tema ‘Potensi Lulusan STAI Sayid Sabiq di Era Digital’, pada Minggu (14/8/2022).

Pada kesempatan itu, Ketua STAI Sayid Sabiq Indramayu, Herman Beni, MA. bersama beberapa narasumber memaparkan tentang kebutuhan zaman di masa yang akan datang. Salah satunya membahas tentang teknologi di era digitalisasi.

Seluruh pembicara pada stadium generale tersebut, memiliki kesamaan pemahaman bahwa di masa yang akan datang diperlukan SDM yang menguasai teknologi digital.

Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan suatu materi yang membahas tentang peran mahasiswa atau alumni STAI Sayid Sabiq di era teknologi digital.

Di mana, materi yang dibahas para narasumber dijadikan sebagai pembekalan para mahasiswa STAI Sayid Sabiq sebelum dilaksanakannya wisuda atau prosesi kelulusan dari kampus.

Stadium generale diawali pemaparan oleh Ketua Yayasan STAI Sayid Sabiq Indramayu, Dr. H. Didin Kurniadin Maskar M.Pd., M.Si., CM. Dengan membahas seputar SDM di era digitalisasi yang menuntut adanya adaptasi serta melek terhadap teknologi.

“Di era sekarang manusia bekerja menggunakan teknologi serba digital. Jika kita tidak mempersiapkan diri, maka bersiap-siaplah kita akan tertinggal oleh kemajuan teknologi,” pesan Dr. Didin.

Dia melanjutkan, di masa yang mendatang ketika seseorang tidak bisa beradaptasi dan melek teknologi akan terjadi kemungkinan terburuk seperti semakin banyaknya pengangguran karena banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot.

“Saya berharap, di era serba digital saat ini mahasiswa STAI Sayid Sabiq mampu memposisikan diri dalam mengambil peluang usaha maupun pekerjaan dan meningkatkan kompetensi di bidang teknologi,” pungkas Dr. Didin.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI Ke-77, BEM STAI Sayid Sabiq Selenggarakan Berbagai Lomba

Selanjutnya, Pembina STAI Sayid Sabiq Indramayu, Prof. Dr. Cecep Sumarna, turut menyampaikan materi dan pandangannya terkait teknologi dan peluang usaha serta pekerjaan di masa mendatang.

Dalam isi materi tersebut Prof. Cecep juga memberikan motivasi kepada mahasiswa STAI Sayid Sabiq untuk mengoptimalkan potensi yang ada maupun yang terpendam serta melakukan inovasi dan kreasi ketika berada di era digital, sehingga dapat memenuhi kebutuhan zaman.

“Jaga nama baik almamater tempat kita mencari ilmu, dan ingat dua teori dalam dunia pendidikan, yaitu kita besar karena lembaga atau kita yang membesarkan lembaga itu,” pesan Prof. Cecep di hadapan calon wisudawan saat sidang yudisium.

Adapun yang terakhir mengisi materi pada stadium general pada sidang yudisium di STAI Sayid Sabiq adalah Dr. Tamsik Udin selaku Dosen dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Beliau berpesan kepada calon wisudawan yang telah dinyatakan lulus dari pendidikan di STAI Sayid Sabiq Indramayu, agar bekerja secara ikhlas, ridho, dan bersyukur.

“Di dunia pendidikan ini kita harus niatkan sebagai ladang amal (mengabdi dan menuntut ilmu) yang mana nantinya akan banyak dilimpahkan keberkahan ketika sudah bekerja dengan ikhlas, ridho dan bersyukur” Ujar Dr. Tamsik Udin.
(MTH/HZ)

  • Bagikan

Comment