Himmpas Umsida Ajak Masyarakat Ikuti Program Pelatihan Sampah Organik

  • Bagikan
Himmpas Umsida Ajak Masyarakat Ikuti Program Pelatihan Sampah Organik (Foto : Red)

Tanganrakyat.id,  Trenggalek – Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo lakukan kegiatan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Pelatihan Sampah Organik melalui Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah Pecinta Alam Sidoarjo (Himmpas). Sabtu, (30/8/2022).

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan desa wisata, salah satunya desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Selain itu, kegiatan ini terdiri dari 15 Mahasiswa yang tergabung dari masing-masing program studi dan fakultas di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Jawa Timur.

Menurut Asrofi Rizal, selaku Ketua pelaksana kegiatan tersebut, dirinya mengatakan, dari 2078 sub proposal yang di ajukan tim PPK Ormawa Himmpas masuk ke 382 proposal dan terseleksi lagi hingga 328 proposal yang didanai oleh Pemerintah melalui Kemdikbudristek.

“Tim PPK Ormawa Himmpas membawa 5 program pemerintah penting untuk pemberdayaan masyarakat desa binaan yaitu pembuatan agropark, forest library, penguatan tata kelola pokdarwis, pengembang budaya lokal dan pengembangan wisata alam,” ujarnya.

Rizal mengatakan, “kemudian sasarannya adalah pemerintah desa, masyarakat sekitar serta mitra binaan yaitu kelompok sadar wisata (pokdarwis) Dewi Arum Pulosari desa Pandean,”terang Rizal.

Sehubungan dengan itu, setelah adanya pembukaan program PPK Ormawa oleh Kemdikbudristek ini, diharapkan program tersebut dapat berjalan serta berkembang di desa wisata lainya.

Lebih lanjut, kegiatan ini dilakukan selama 25 hari, sejak tanggal 5 sampai 29 Agustus. Kemudian setelah itu dilanjutkan di bulan November untuk monitoring. (Ir)

  • Bagikan

Comment