Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum,  Ajang Inovasi Pekerja PT KPI RU VI Balongan

  • Bagikan
Balongan Refinery Improvement Inovation Enrichment Forum, Ajang Inovasi Pekerja PT KPI RU VI Balongan (Foto : Kang Supardi)

Tanganrakyat.id, Cirebon – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan melalui Bagian Quality Management Fungsi Human Capital (HC) menggelar acara pembukaan Grand Forum Sharing BRIEF (Balongan Refinery Improvement Innovation & Enrichment Forum) Continuous Improvement Program (CIP) dan Bulan Komet 2022 di Hotel Aston Hotel & Convention Centre, Cirebon.

Kegiatan Grand Forum Sharing CIP diselenggarakan mulai tanggal 1 – 4 November 2022, kegiatan ini merupakan ajang unjuk inisiatif perbaikan, terobosan, dan inovasi yang sudah menjadi budaya Insan Mutu, Perwira dan Pertiwi PT KPI Unit VI Balongan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Johan N.B. Nababan yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya meningkatkan Ownership dan Awareness perwira dan Pertiwi Pertamina khususnya PT KPI untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap operasional dan kinerja kilang.

“Dengan menjaga dan meningkatkan ownership dan awareness, akan memacu semangat berinovasi yang pada gilirannya akan meningkatkan kehandalan kilang. Keduanya tidak akan berguna tanpa dibarengi semangat yang ketiga, yaitu Attitude yang baik tegas Johan.

“Apresiasi yang tinggi saya berikan atas terkumpulnya 211 risalah inovasi dari perwira dan pertiwi Insan Mutu PT KPI Unit VI Balongan yang melalui inovasi tersebut diproyeksikan akan menghasilkan keuntungan sekitar USD 432 Juta dan potensi efisiensi sebesar USD 800 Juta”, tutup Johan mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama General Manager PT KPI Unit VI mengharapkan agar inovasi dari Insan Mutu RU VI dapat memberikan dampak yang lebih luas secara menyeluruh bagi Bangsa dan negara Indonesia.

Dari kiri ke Kanan Manager HC RU VI Mahardhika Putra Kurnia, General Manager PT KPI Unit VI Diandoro, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Johan N.B. Nababan, VP Human Capital Dewi Kurnia Salwa (Foto : Kang Supardi)

Dikatakan Diandoro, inovasi sekecil apapun akan memberikan dampak yang baik.

“Semoga melalui ajang Grand Forum Sharing CIP 2022 budaya inovasi dapat lebih banyak ditularkan kepada pekerja yang lain”, ungkap Diandoro.

Sementara itu Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) Tri Wahyudi mewakili seluruh pekerja menegaskan bahwa ajang CIP adalah kesempatan yang baik untuk pengembangan pekerja dan perusahaan. Ia menyampaikan apresiasi yang besar kepada Manajemen atas dukungannya selama ini.

“Insan mutu adalah orang hebat dan dibutuhkan perusahaan. Maka teruslah memberikan yang terbaik karena inovasi yang kita hasilkan akan menjadi legacy kesuksesan kilang RU VI di masa mendatang”, tutup Tri.

Manager HC RU VI Mahardhika Putra dalam laporannya menjelaskan bahwa Grand Forum Sharing CIP tahun 2022 menyaring 211 Risalah sehingga diperoleh 74 Risalah / Gugus CIP.

“Tahun ini sebesar 44% Insan Mutu berpartisipasi dalam kegiatan CIP tahun 2022, hal tersebut merupakan jumlah yang besar dan suatu kebanggaan”, ujar Mahardhika.

Mahardhika berharap pencapaian Insan Mutu di tahun 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pada agenda pembukaan kegiatan, turut hadir VP RPO Nur Qadim, VP Human Capital Dewi Kurnia Salwa, perwakilan Tim Manajemen serta Insan Mutu RU VI Balongan.

Baca juga :

Tingkatkan Kesigapan Penanganan Keadaan Darurat, Kilang Pertamina Balongan Gelar Major Emergency Drill

Selain Grand Forum Sharing CIP, dalam rangka memperingati Bulan Komet 2022 juga diselenggarakan Webinar yang akan diselenggarakan secara online selama satu bulan penuh mulai 7 – 30 November 2022.

Penulis: Kang Supardi Editor: Yuli
  • Bagikan

Comment