Collaborative Coastal Cleanup, Upaya Pertamina Group Balongan Jaga Pesisir Pantai Tetap Bersih dan Terlindungi

  • Bagikan
Collaborative Coastal Cleanup, Upaya Pertamina Group Balongan Jaga Pesisir Pantai Tetap Bersih dan Terlindungi (Foto : Red)

Tanganrakyat.id, Balongan – Guna menjaga pesisir pantai di wilayah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu tetap bersih, Pertamina Group wilayah Balongan melakukan aksi kolaborasi bersih-bersih pantai. Kegiatan bertajuk Collaborative Coastal Cleanup ini dilaksanakan di kawasan objek wisata pantai Tirta Ayu, dan sekitarnya, Sabtu (03/12).

Acara ini merupakan inisiasi Pertamina Project Balongan (Project RDMP) bersama PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan, Pertamina Gas and Oil Transportation, Integrated Terminal Balongan MOR 3, serta melibatkan unsur Muspika Kecamatan Balongan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, dan masyarakat Kecamatan Balongan.

Selain melakukan aksi pungut sampah di pantai, sebanyak 325 pohon Cemara laut juga ditanam di sepanjang pantai Tirta Ayu dan wilayah sekitarnya.

General Manager Project Balongan Sugeng Firmanto mengatakan, kegiatan Coastal Celan Up ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) ke-5, sekaligus menyambut HUT PT Pertamina (Persero) ke-65.

“Konsep penanaman pohon Cemara laut ini, yakni 5×65 pohon , kami ambil menyesuaikan dengan HUT KPI yang Ke 5 dan HUT Pertamina (Persero) yang Ke 65 , sehingga jika ditotalkan ada sebanyak 325 Cemara laut yang ditanam”, ungkap Sugeng.

Sugeng menjelaskan, pada agenda selanjutnya direncanakan akan dilakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai yang diharapkan bisa mencegah abrasi, sekaligus memperindah pantai dan menarik wisatawan sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi sekitar.

“Semoga penanaman yang massive kita lakukan ini juga bisa mensupport pencapaian rating Environment, Social and Government (ESG) Pertamina holding”, Tegas Sugeng.

Baca juga :

PWP Tingkat Wilayah RU VI Balongan  Peduli  Gempa Bumi Cianjur

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit Balongan Imam Rismanto menyampaikan, Kolaborasi kegiatan Coastal Cleanup atau bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu perwujudan tata Nilai Akhlak yang diimplementasikan dalam kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan.

Imam mengatakan, jauh sebelum pantai Tirta Ayu ini menjadi objek wisata, Kilang Pertamina Balongan juga telah mulai melakukan penanaman cemara melalui program pemulihan lingkungan. Beberapa Pohon cemara yang ditanam di sekitar Pantai Tirta Ayu hingga kini juga terlihat masih hidup dan tumbuh subur.

“Semoga Kolaborasi Pertamina Group di Balongan ini terus berjalan, sehingga sinergitas yang terjalin memberikan dampak baik untuk perusahaan, lingkungan dan masyarakat sekitar”, ucap Imam.

Penulis: RkEditor: Deni
  • Bagikan

Comment