Kilang Balongan, tercanggih di Indonesia Jadi Daya Tarik Akademisi

  • Bagikan
Kilang Balongan, tercanggih di Indonesia Jadi Daya Tarik Akademisi (Foto : Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan merupakan kilang tercanggih yang dimiliki oleh Pertamina dan Bangsa Indonesia.

Hal ini merujuk pada nilai Nelson Complexity Index (NCI) Kilang Unit VI Balongan, dimana tiap kilang Pertamina pasti memiliki Nelson Complexity Index (NCI). Indeks ini menggambarkan kompleksitas kilang, semakin tinggi Nilai NCI, maka kilang tersebut menghasilkan lebih banyak produk berkualitas tinggi dan proses produksi lebih efisien.

Nilai NCI terus berkembang seiring dengan pengembangan atau upgrading Kilang Pertamina. Saat ini NCI Kilang Pertamina Balongan adalah 11.9, tertinggi diantara semua kilang Pertamina. Dari segi kapasitas, Kilang Balongan memiliki kapasitas sebesar 150 MBSD.

Kilang Balongan merupakan kilang keenam dari total enam kilang yang dimiliki oleh Pertamina. Kilang ini memiliki fungsi untuk mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), non-BBM, dan petrokimia.

Hasil produk dari kilang Balongan yaitu Pertalite Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Pertamina DEX, LPG, Propylene, Avtur serta produk specialty chemical untuk keperluan industri Gas Oil for Antifoam (GO Foam).

Dengan profil tersebut, Pertamina RU VI mempunyai kontribusi yang besar dalam menghasilkan pendapatan baik bagi PT Kilang Pertamina Internasional maupun bagi negara. Selain itu, RU VI Balongan mempunyai nilai strategis dalam menjaga kestabilan pasokan BBM ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia.

Hal di atas dipaparkan oleh Jr Engineer II Offsite, EWT & SWS, M. Agung Almi, dan Sr Group Leader Statutory Inspection Haeckel Bayyan Amil Valerat dari PT KPI Unit VI Balongan dalam kegiatan Kunjungan Industri Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu.

Baca juga :

Bersama PMI Indramayu, Kilang Pertamina Balongan Kumpulkan Lebih dari 360 Kantong Darah

Acara tersebut dilangsungkan di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) Bumi Patra, Indramayu (23/5) yang dipandu oleh Officer II HC Business Partner RU VI Wiranugraha selaku wakil perusahaan.

Dengan kecanggihan tersebut Kilang Unit VI Balongan memang sering dijadikan sebagai tujuan Kunjungan Industri bagi universitas yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah PEM Akamigas Cepu. Sebanyak 64 Mahasiswa dari Teknik Instrumentasi Kilang dan 4 Dosen Pendamping berkunjung ke Kilang Unit VI Balongan.

Selain memperoleh materi tentang proses operasi kilang para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkunjung ke dalam kilang untuk melihat peralatan atau unit yang digunakan pada proses pengolahan minyak.

Setelah mendapatkan materi dan kunjungan ke dalam kilang, Maximilian, salah satu mahasiswa mengungkapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

“Kegiatan ini menambah pengetahuan kami tentang industri migas pada umumnya dan proses pengolahan minyak pada khususnya”, ungkap Maximilian.

Lebih lanjut Max mengungkapan harapannya yang juga mewakili rekan-rekannya agar kedepannya dapat menimba ilmu lebih dalam lagi dari Unit VI Balongan dan semoga setelah lulus nanti dapat bekerja di Pertamina.

Penulis: RedEditor: Deni
  • Bagikan

Comment