ICMI Sesalkan Insiden Kerusuhan Di Rempang

  • Bagikan
Wakil Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Mohammad Jafar Hafsah.(Foto: Dok. ICMI)

Tanganrakyat.id , Jakarta – Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyesalkan terjadinya insiden kekerasan yang berakibat pada kerusuhan yang terjadi di Pulau Rempang, Galang, Kota Batam Kepulauan Riau.

ICMI menyesalkan terjadinya insiden yang berakibat kerusuhan di Pulau Rempang, Galang Kota Batam Kepulauan Riau, dan ini sekaligus menunjukkan pola pembangunan yang berjalan dengan mengabaikan prinsip keadilan sosial dan tidak mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa, yakni musyawarah-mufakat. Demikian Wakil Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Mohammad Jafar Hafsah dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Mohammad Jafar juga mengemukakan, kasus di Pulau Rempang adalah cerminan dari kasus lain serupa di seluruh negeri ini, di mana rakyat kecil sering kali menjadi korban dari kepentingan bisnis dan investasi.

Oleh karena itu, menurut dia, ICMI mendesak Pemerintah agar dalam pemberian HGU kepada Investor harus memperhatikan hak-hak masyarakat atas tanah yang telah ada.

Ia lebih lanjut mengemukakan, tindakan represif yang dilakukan oleh aparat terhadap masyarakat dalam aksi penolakan Proyek Strategis Nasional (PSN) menyalahi hak asasi manusia.

Oleh karena itu ICMI mendesak agar Pemerintah menghentikan tindakan represif terhadap masyarakat, dan senantiasa mengedepankan cara persuasif.

Kemudian, terkait penyelesaian masalah investasi seperti PSN, ICMI mendesak agar Pemerintah mengedepankan asas keadilan sosial dan musyawarah untuk mufakat.

Mengingat penolakan masyarakat Pulau Rempang terhadap pelaksanaan PSN, dan posisi strategis pulau tersebut, serta menyangkut ketertiban dan keamanan negara, maka ICMI mendesak Pemerintah agar mempertimbangkan kembali PSN Rempang Eco City.

Disebutkan,
pernyataan sikap ICMI tersebut adalah untuk kemaslahatan Bangsa dan Negara.

Baca juga :

Ketum ICMI: Kemerdekaan, Momentum Perubahan Menuju Indonesia Maju

ICMI, lanjutnya, akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.

Penulis: AatEditor: Deni
  • Bagikan

Comment