BNPB Buka Secara Resmi Jambore Nasional Forum PRB Tahun 2023 di Provinsi Sumatra Barat

  • Bagikan
BNPB Buka Secara Resmi Jambore Nasional Forum PRB Tahun 2023 di Provinsi Sumatra Barat ( Foto : Red )

Tanganrakyat.id , Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana melalui Kedeputian Bidang Pencegahan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Jambore Nasional Forum Pengurangan Risiko Bencana 2023 di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang, Provisinsi Sumatra Barat yang berlangsung mulai 28 hingga 30 September 2023.

Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) hadir sebagai wadah untuk meningkatkan kolaborasi multipihak dalam mengurangi risiko bencana. Hal ini menjadi langkah strategis dalam menjembatani hubungan pemerintah dan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan ide-ide upaya penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing.

Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008, Forum PRB merupakan salah satu rencana aksi daerah yang meliputi unsur pemerintah daerah, non-pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media yang dikoordinasikan oleh BPBD.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P mengatakan BNPB selalu mendukung upaya inisiasi dan pembentukan maupun pengembangan Forum PRB di berbagai daerah.

“BNPB selalu mendukung upaya pembentukan dan pengembangan Forum PRB di daerah”, jelas Prasita dalam sambutannya, Kamis (28/9).

Prasinta turut menjelaskan bahwa yang tersulit bukanlah saat membentuk Forum PRB, tetapi menjaga eksistensi dan komitmen yang harus diiringi dengan usaha terus-menerus sehingga upaya penanggulangan bencana di tengah masyarakat dapat dilakukan secara efektif.

Baca juga :

Indramayu Banjir, KRI Bantu Evakuasi Warga

Pelaksanaan Jambore Nasional Forum Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2023 merupakan ajang koordinasi antar forum dan aliansi strategis dengan platform pengurangan risiko bencana pada tingkat nasional sekaligus ruang diskusi dan peningkatan kapasitas pengurus forum. Peserta juga akan mengikuti sesi seminar yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Jurnalisme, Diplomasi Kemanusiaan serta Dialog Budaya.

Editor: Deni
  • Bagikan

Comment