oleh

Pertamina RU VI Mengadakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Budidaya Padi Untuk Masyarakat Balongan

-Daerah, Ekbis-1.312 views

 

Tanganrakyat.id –  Indramayu –  Pertamina RU VI Balongan memberikan Pelatihan Pengelolaan Manajemen Budidaya Padi bagi Kelompok Tani dan Buruh Tanam dalam Rangka Peningkatan Produksi kepada masyarakat Kecamatan Balongan sebagai bentuk pemberdayaan petani dan keluarganya di sekitar Ring I perusahaan,Selasa (6/11/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari  yang bertempat di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Balongan,  yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Camat Balongan, Penyuluh Pertanian, Staff CSR RU VI Dian Purbarani serta diikuti sebanyak 43 orang perwakilan kelompok tani di Kecamatan Balongan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk petani yang tangguh,Terampil serta memiliki keterampilan dalam menerapkan inovasi atau teknologi baru melalui sistem Jajar Legowo dan Haston guna memperoleh tingkat produksi padi yang tinggi dan meningkatkan pendapatan serta kualitas hidup petani di Kecamatan Balongan.

“Petani dihadapkan pada tantangan yang semakin besar dalam keterkaitan usaha tani dengan berbagai aspek lingkungan dan persaingan dalam pemanfaatan sumberdaya yang tersedia sehingga petani perlu menjadi mandiri dan berperan dalam pembangunan nasional di bidang pertanian”, ucap Staff CSR RU VI Dian Purbarani.

Hal ini sependapat dengan penuturuan Kepala Dinas Pertanian Ir. H. Takmid yang menerangkan bahwa salah satu upaya mewujudkan peningkatan produksi tanaman padi ialah melalui sistem tanam jajar legowo. Beliau juga berterima kasih kepada Pertamina RU VI Balongan karena membantu memajukan dan mengembangkan pola pikir dan pola kerja tani yang dapat meningkatkan usaha tani serta menguatkan kelembagaan petani agar mampu mandiri dan berdaya saing tinggi.

Kegiatan pelatihan hari pertama di selingi oleh pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi Pertamina RU VI Balongan kepada kelompok tani yang telah berhasil menjalankan program CSR Pertamina RU VI balongan di bidang peningkatan produksi padi pada tahun 2017 lalu. Selain itu, hari pertama pelatihan juga diisi dengan materi pembelajaran Pengolahan tanah dan pemberian mikroba penyubur tanah yang dapat membantu kelompok tani binaan CSR RU VI dalam membudidaya tanaman padi unggulan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk nyata dukungan CSR Pertamina RU VI Balongan terhadap Undang-Undang No 19 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Petani sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan petani melalui pendidikan, pelatihan dan pendampingan pengembangan sistem dan sarana  pemasaran hasil pertanian, kemudahan akses ilmu pengetahuan teknologi dan informasi serta penguatan kelembagaan.(KkP/KSPd)

 

Komentar

News Feed