HUT Ke-47 KORPRI ASN Harus Inovatif

  • Bagikan
Peringatan HUT Ke-47 KORPRI Tahun 2018 tingkat Kabupaten Indramayu bertempat di Alun-Alun Indramayu, (Foto : Aa Dn)

Tanganrakyat.id – Indramayu – Aparatur Sipil Negara (ASN) harus selalu berpikiran terbuka, inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Indramayu H. Supendi saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia pada puncak peringatan HUT Ke-47 KORPRI Tahun 2018 tingkat Kabupaten Indramayu bertempat di Alun-Alun Indramayu, Kamis (29/11).

Masih menurut Supendi, kepada seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, pihaknya yakin para ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutnya, ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari aparatur sipil negara.

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban ASN jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, aparatur sipil negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas.

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapisan pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM Indonesia harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat.

“Dalam kaitan ini, saya minta kepada seluruh jaiaran ASN untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan peran aparatur sipil negara yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa,” tegas Supendi.

Sementara itu Ketua KORPRI Kabupaten Indramayu, Munjaki mengatakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan kegiatan HUT KORPRI tahun 2018 ini telah dilaksanakan seperti halnya pemberian bantuan bagi warga yang kekurangan air bersih, pengiriman kontingan dalam POR PEMDA, ziarah rombongan, serta pemberian dana purna tugas bagi ASN yang memasuki usia pensiun. (Red)

  • Bagikan

Comment