oleh

KemenESDM Memberikan Bantuan Sumur Bor Di Kabupaten Indramayu

-Daerah, Sosial-1.103 views

Tanganrakyata.id – Indramayu – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM)  untuk mengatasi air bersih di daerah terpencil di kabupaten Indramayu memberikan bantuan dan sekaligus meresmikan sumur bor air tanah  kepada warga masyarakat Indramayu.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral, pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Yunus Saefulhak  meresmikan di Desa Drunten Kulon Kecamatan Gabuswetan, Kamis (31/01).

“Peresmian ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018 lalu, yang masing-maisng sebanyak 4 unit yang berlokasi di Kabupaten Cirebon dan 5 unit yang berlokasi di Kabupaten Indramayu dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” ujar Yunus Saefulhak

Masih menurut Yunus ini sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung oleh DPR RI (Komisi VII) memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam.

Yunus juga menambahkan, beberapa daerah di wilayah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya. Sembilan unit sumur bor yang dibangun di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon pada tahun 2018 tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman 125 m, debit antara antara 0,50s/d 2,3 Liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA=8 kWatt, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa dan bak penampungan air berkapasitas 5000 liter. Dengan debit air rata-rata 1,89liter/detik, setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2720 jiwa.

Pada kesempatan itu, turut hadir juga Anggota DPR RI Komisi VII Kardaya arnicaa, Muspika Kecamatan Gabuswetan, serta warga masyarakat. (KkP)

Komentar

News Feed