oleh

Bupati Indramayu: Trotoar Tidak Boleh Disalahgunakan Peruntukannya

-Daerah, Peristiwa-1.049 views

Tanganrakyat.id, Indramayu – Menindak lanjuti berita viral dimedsos penyalagunaan trotoar oleh salah satu hotel di wilayah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, Bupati Indramayu Supendi angkat bicara dan menghimbau kepada pelanggar alih fungsi trotoar untuk di kembalikan ke fungsi semula yaitu pejalan kaki.

Menurut Bupati Indramayu Supendi, fungsi trotoar tidak boleh diselewengkan ataupun di salah gunakan dengan cara apapun, termasuk dimiliki secara pribadi atau perkelompok, karena fungsi trotoar sendiri milik umum di peruntukan bagi pejalan kaki.

Lanjut Supendi, dua macam sanksi yang dapat dikenakan pada orang yang menggunakan trotoar sebagai milik pribadi dan mengganggu pejalan kaki antara lain, Ancaman pidana bagi setiap orang yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah) (Pasal 274 ayat (2) UU LLAJ) atau Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) (Pasal 275 ayat (1) UU LLAJ).

Itulah salah satu pasal yang dapat menjerat siapapun yang menyalah gunakan trotoar jalan / jalan umum untuk kepentingan pribadi.

Jadi tolong segera dan secepatnya sikapi untuk dinas terkait Kabupaten Indramayu dan muspika setempat, agar segera memberi sanksi. (C.tisna).

Komentar

News Feed