oleh

Cetak Santri Mandiri, Pemprov Jabar Gelar OPOP

-Daerah, Ekbis-1.374 views

Tanganrakyat.id, Jawa Barat – One Pesantren One Product salah satu program Gubernur Jawa Barat sesuai peraturan Gubernur No 24 tahun 2019 yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri agar mampu membentuk kemandirian baik secara ekonomi, pengembangan skill cara produksi dan juga sistem pemasarannya.

Di Jawa Barat sendiri penyelenggaraan One Pesantren One Product telah memasuki tahap seleksi Audisi 1 di hotel Wiwi Perkasa 2 Kabupaten Indramayu dengan satu koordinator yaitu Iwan Setiawan S.S, tiga orang pendamping yaitu Putri Ana Amalia S.Sos, Tarjani.S.Pd, Abdur Rohim Amin, S.Pt

Salah satu Pendamping OPOP, Putri Saat memberikan Pengarahan Kepada Peserta (Foto. Red)

Menurut salah satu Pendamping OPOP Indramayu Putri Amalia bahwa Seleksi tingkat kecamatan ini berlangsung pada 26 Juli 2019 lalu sebanyak 30 Peserta UKM OPOP yg akan di seleksi menjadi 20 Besar. Berbagai jenis produk unggulan UKM Pesantren OPOP sangat beragam jenisnya mulai dari produksi minyak sereh wangi, keripik Mangrove, keripik jamur, Nageut Lele, Kerupuk, Fish Stick, keripik usus, susu kambing etawa, dodol mangga, tanaman hidroponik, fahsion konveksi, budidaya lele, budidaya ikan nila, ternak sapi, ternak kambing dan masih banyak lagi.

“Pada tanggal 23 Agustus 2019 Pengumuman hasil seleksi UKM OPOP telah di umumkan di website OPOP. Sebanyak 1074 peserta UKM OPOP dari 27 Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Indramayu mendapatkan kuota 20 UKM Pesantren OPOP yg lolos seleksi ke tahap selanjutnya Audisi tahap 2 untuk berkompetisi di Tingkat Kabupaten Provinsi.
Sebelum masuk kompetisi Audisi tahap 2 Seluruh Peserta UKM OPOP akan diberikan Pelatihan & Pemagangan sesuai dengan bidang & kategori produk olahan UKM,” ujar Putri, Senen (2/9/2019).

Masih menurut Putri Kategori Bidang ini meliputi Peternakan, Perikanan, Industri Makanan Olahan, Konveksi, untuk lebih memperdalam skillnya mereka dibekali pelatihan & pemagangan yang dilaksanakan di beberapa pesantren yaitu Al Itifaq, Pesantren Darul Tauhid, Pesantren Fathiyyah, Pesantren Nurul Iman, Pesantren Husnul Khotimah.

Jumat tanggal 30 September 2019 lalu telah di adakan pembekalan materi persiapan Audisi 2 kepada 20 Peserta UKM OPOP di Yayasan Pondok Pesantren Al Irsyady Ds Pekandangan Indramayu

Pada audisi tahap 2 ini setiap kabupaten kota yang tersebar di provinsi Jawa barat akan di pilih 4.UKM OPOP, Sehingga Total Peserta Audisi Tahap 2 sebanyak 108 Peserta UKM OPOP. Yang kemudian berkompetisi kembali ketahap Audisi Tahap 3 akan di saring 10 Besar UKM OPOP,” pungkasnya. (KkP)

Komentar

News Feed