oleh

Bangunan Mirip Candi Di Sambimaya Tampa Semen Ada Pengaruh Hindu Budha

-Daerah, Peristiwa-1.188 views

Tanganrakyat.id, Indramayu – Penemuan Bangunan yang di duga Candi di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu Jawa Barat sangat unik dan menarik Kepala Arkeologi (Bakar) Bandung Jawa Barat Deni Sutrisna, Dalam penelitiannya yang dilakukan selama dua hari Sabtu s/d. Minggu (9-10/11/2019) tim menemukan susunan Batu Bata yang membantuk bangunan tampa adanya campuran semen.

“Ini saya dan tim arkelogi, Tim Cagar Budaya (TCB) Kabupaten Indramayu Dedi Musasih dan juga Yayasan Karuhun di Block Dingkel, Desa Sambimaya ini baru melakukan Observasi awal dan sebagai bahan untuk observasi kedepannya, ” ujar Deni, Minggu (10/11/2019).

Tim Balar Sedang Melakukan Penelitian Di Block Dingkel Desa Sambimaya Juntinyuat Indramayu Jawa Barat (Foto. C.tisna)

Deni juga menerangkan bahwa Batu Bata di Block Dingkel Desa Sambimaya mirip dengan Candi Batujaya Karawang, ataupun Trowulan Jawa Timur sebagai Bata kuno peninggalan Kerajaan Majapahit. Tapi kita tunggu saja nanti hasil penelitian pihak Geologi.

Seperti kita lihat bersama tadi, bahwa susunan Batu Bata yang tersusun rapi tersebut merupakan bangunan kuno tampa semen dan ini sangat unik untuk kita kaji, mudah – mudahan nanti kita bisa menyimpulkan misteri Bangunan Sambimaya ini.

Tim Balar Lakukan Penelitian Struktur Bangunan Yang Diduga Candi Di Block Dingkel Desa Sambimaya Indramayu Jaww Barat (Foto. C.tisna)

Dan juga kita ketahui bersama bahwa sejarah mencatat pengaruh Hindu Budha adanya di Jawa Tengah dan Jawa Timur tapi dari hasil penelitian nanti tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Indramayu ada pengaruh Hindu Budha tersebut.

Harapan kami warga sekitar Block Dingkel, Desa Sambimaya bisa mejaga tempat tersebut karena proses penelitian masih akan berlanjut. (C.tisna)

Komentar

News Feed