oleh

Menkes Pastikan WNI Yang Pulang Dari Wuhan Tiongkok Bebas Virus Corona

-Dunia, Peristiwa-316 views

Tanganrakyat.id, Batam – Warga Negara Indonesia yang bekerja di Wuhan Tiongkok telah sampai di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu (02/02/2020) Pukul 08:46 WIB. dengan menumpang Pesawat Batik Air.

Mereka turun dari tangga langsung di seterilisasi dengan di semprot cairan khusus untuk mengantisipasi suspect Virus Corona yang saat ini lagi melanda di Wuhan Tiongkok. Selanjutnya mereka memasuki pesawat TNI AU yang sudah disiapkan di Bandara Hang Nadim Batam, untuk membawa seluruhnya ke Kabupaten Natuna.

Menkes Dr. dr. Terawan Agus Putranto, mengungkapkan seharusnya semua Warga Negara Indonesia yang dari Wuhan Tiongkok ada 245 yang pulang, namun yang dibawa pulang ternyata hanya 238 orang saja. Yang 7 orang masih berada di Tiongkok.

“Ada sebanyak 238 yang datang, menurut data. Nanti saya cek ulang, karena yang mestinya hadir di sini 245 orang,” kata Menkes Terawan saat dijumpai di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) di kutip dari Antara.

Dari 7 WNI yang gagal pulang, Menkes Terawan jelaskan alasannya. Pertama ada 4 orang menyatakan diri tidak mau pulang karena merasa lebih nyaman di Tiongkok.

“Mereka yang urung berangkat itu telah membuat pernyataan tidak ingin berangkat bersama WNI lainnya ke Tanah Air. Dia lebih betah, meskipun kita sudah tawarkan semua,” ujar Menkes Terawan.

Lalu sisanya 3 orang dinyatakan tidak lolos pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah Tiongkok.
Pemerintah Tiongkok, lanjut Menkes Terawan, melakukan tiga rangkai tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui WNI untuk dapat meninggalkan Tiongkok dan pulang ke Indonesia.

“Itu yang membuat kita merasa nyaman, bahwa yang berangkat ke sini sudah dipastikan pemerintah Tiongkok adalah orang sehat,” kata dia.
Namun, sesuai peraturan, maka setelah mendarat di Indonesia, Kementerian Kesehatan harus memastikan kembali sesuai dengan SOP WHO,” pungkasnya. (Red).

Komentar

News Feed