oleh

Kansar Bandung Adakan Pelatihan Rescue Bagi Potensi SAR Jawa Barat

Tanganrakyat.id, Bandung Jawa Barat – Direktur Bina Potensi, I ketut Parwa S.H M.M membuka pelatihan potensi SAR Jawa Barat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, dalam upacara pembukaan sebagai inspektur upacara Direktur Bina Potensi Basarnas, Senen (3/2/2020).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menggelar Pelatihan Potensi SAR, Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan (Jungle Rescue) dan Teknik Pertolongan di Ketinggian (High Angel Rescue Technique: HART), Pelatihan ditujukan bagi potensi SAR Jawa Barat yang berasal dari organisasi berbasis masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Adapun jumlah peserta Pelatihan potensi SAR ini diikuti oleh 120 orang peserta, 60 orang peserta HART dan 60 orang peserta jungle rescue dengan tema pelatihan yang diambil yaitu Dengan pelatihan SAR di ketinggian (HART) dan pencarian dan Pertolongan di Gn Hutan (Jungle Rescue) bagi potensi SAR Jawa Barat, kita tingkatkan kualitas dan kemampuan pada pelaksanaan operasi SAR secara cepat dan tepat guna mengurangi resiko membahayakan manusia.

Pembukaan dihadiri oleh tamu undangan dari berabagi elemen seperti Pangdam III Siliwangi, Polda Jabar, Brimob Polda Jabar, Lanal Bandung, Yonif, Lanud Husein, Para Rider 330, Satpol PP, Forkopimda Kab Sumedang, Danramil, Posek Cimanggung, FKP3 Pusat, FKP3D Jabar, KRPBI serta organisasi SAR di wilayah Jawa Barat lainnya.

“Pentingnya peran potensi SAR bagi Basarnas dalam operasi pencarian dan pertolongan ditunjukan dengan di adakannya pelatihan SAR bagi potensi SAR untuk meningkatkan kualitas dan kemampaun potensi SAR di berbagai bidang khususnya kali ini di bidang Jungle rescue dan Pertolongan di ketinggian atau HART (High angel Rescue Technique)” I ketut Parwa S.H M.M

Pelatihan potensi SAR ini merupakan upaya dari Basarnas untuk memberikan pembinaan bagi potensi SAR. Pelatihan ini diharapkan para peserta bisa memiliki kompenetensi dalam bidang SAR.

“Dengan pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki kompetensi dan dapat diimplementasikan pada pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang kemungkinan terjadi di masa yang akan datang” ujar I ketut Parwa S.H M.M, Direktur Bina Potensi BASARNAS, Senen (03/02/2020).

Semakin banyak potensi SAR yang berkompeten maka semakin mempercepat response time dan mampu meminimalisir jatuhnya atau semakin parahnya kondisi survivor.

Kegiatan pelatihan High Angel Rescue Technique (HART) akan dilaksanakan di tebing Ds Sukapura kec Sukaraja Kab Tasikmalaya, sedangakan kegiatan pelatihan pencarian dan pertolongan di Gunung Hutan (Jungle Rescue) akan dilaksanakan di Gunung Kareumbi Kab. Sumedang.

Direktur Bina potensi pada akhir sambutannya menyampaikan pesan bagi peserta yang akan mengikuti pelatihan.

“ikuti pelatihan dengan serius, laksanakan instruksi yang diberikan instruktur dengan seksama, utamakan keselamatan diri dan hindari sikap overconfident dan keragu raguan pada materi yang beresiko, jaga kesehatan serta jadiklanlah pelatihan ini sebagai ajang pembelajaran, tukar menukar pengalaman dan mempererat jalinan silaturahim diantara kita sebagai sesama insan SAR” sambung beliau

Beliau juga berharap agar semua materi dalam pelatihan ini dapat terserap kemudian ditransformasikan ke lingkungan peserta sekalian, sehingga pemahaman SAR khususnya di ketinggian dan jungle rescue ini semakin dirasakan oleh masyarakat luas. (Red)

Komentar

News Feed