oleh

Airlangga Hartarto Menko RI: Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja Resmi Dibuka

-Ekbis, Nasional-168 views

Tanganrakyat.id, Jakarta-Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi telah membuka Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja hal ini bisa dilihat melalui situs www.kerja.co.id secara online atau secara daring dan pendaftaran akan terbuka selama 24 jam tujuh hari dalam seminggu.

Yang bisa memanfaatkan kartu pra kerja ini untuk warga negara Indonesia usia 18 tahun keatas yang tidak sedang sekolah kuliah, belum mendapat kerja, para pekerja yang dirumahkan, kehilangan pekerjaan, para pelaku usaha mikro maupun kecil UMK yang tutup usaha karena dampak pandemi covid-19 tujuan dari kartu pra kerja yang semula untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ini juga untuk membantu meringankan beban biaya hidup masyarakat utamanya membantu daya beli terutama untuk kebutuhan sehari-hari dengan kata lain kartu pra kerja ini juga berfungsi sebagai instrumen untuk menyalurkan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial pendaftaran kartu pra kerja buka per minggu dan untuk tahap gelombang pertama ini setidaknya akan direkrut sebanyak 164000 peserta gelombang pertama pendaftaran dibuka dari sekarang sampai dengan hari kamis 16 April 2020 pukul 16.00 setelah pukul 16 .00 akan masuk ke gelombang berikutnya.

Pemberitahuan gelombang pertama yang akan diterima dari pendaftaran malam ini sampai hari Kamis nanti akan diberitahukan pada hari Jumat tanggal 17 April 2020 apabila pendaftaran diterima kami akan memproses datanya dengan data yang ada di tempat kami peserta bisa langsung membeli pelatihan yang diinginkan di berbagai toko seperti Tokopedia ruang guru mau belajar berapa dan platform lainnya pembayaran nanti menggunakan fasilitas yang diberikan oleh kartu pra kerja yaitu kode unik 16 angka dari kartu pra kerja ini bentuknya bukan kartu fisik tetapi ini kartu yang bisa diakses melalui online apabila pendaftaran belum diterima ini dapat bergabung di Gelombang pendaftaran berikutnya sehingga tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal nanti akan ada petunjuk di webnya bagi masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mendaftar maka manajemen pelaksana kartu pra kerja menyediakan layanan masyarakat atau Call Center di nomor
021 2554 1246 setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam dan juga bisa diakses melalui email yaitu diinfo pra-kerja.go.id pemerintah daerah melalui dinas tenaga kerja Dinas Perindustrian Dinas Perdagangan Dinas Pariwisata Dinas Koperasi UKM akan membantu memberikan pendampingan pendaftaran dan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan oleh pemerintah daerah sehingga dapat mengikuti pendaftaran maupun pelatihan yang akan dipilih dalam masa pandemi covi-19 ini pelatihan yang tersedia hanya pelatihan secara online atau secara daring dan pemerintah daerah tentunya membuat standar yang memastikan keamanan dari pelaksanaan pendampingan dan pendaftaran Sesuai dengan standar pandemi Covid-19.

Pelatihan tidak hanya secara online tetapi juga pelatihan lewat offline atau tatap muka akan dipersiapkan bantuan pelatihan lewat program kartu pra kerja hanya diberikan satu kali kepada satu orang supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak setiap penerima kartu pra kerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai RP 3.550.000 yang terdiri dari yang pertama adalah bantuan biaya pelatihan sebanyak 1 juta yang dapat dipergunakan untuk mengikuti pelatihan satu atau lebih seluruhnya melalui platform digital mitra kemudian yang kedua insentif akan dilaksanakan atau ditransfer melalui rekening bank.

Di bagi dalam 4 katagori atau setelah penuntasan pelatihan pertama itu sebanyak atau sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan atau 2,4 juta kemudian insentif Pra pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 untuk tiga kali survei sehingga ini totalnya Rp150.000 selanjutnya penting untuk dicatat bahwa peserta dapat mengambil latihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan latihan yang pertama bantuan pelatihan ini akan hangus apabila dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima belum menggunakan kartu pra kerja untuk pelatihan pertama, ini artinya sesudah mendapatkan notifikasi atau penetapan sebagai penerima tetapi dalam 30 hari belum melakukan pelatihan kartu akan hangus tidak dilanjutkan lagi sisa bantuan biaya pelatihan sesudah penuntasan latihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan kedua atau ketiga hingga 31 Desember 2020 kita harus optimis dengan kegiatan yang produktif ini termasuk dengan mengambil pelatihan di dalam program kartu pra kerja ini kami memahami bahwa ekspektasi masyarakat terhadap program ini begitu besar terlihat dari jumlah pengunjung website prakerja sudah mencapai 1,3 juta mereka yang ingin mendapatkan informasi terkait kartu ini di dalam Minggu ini oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan masyarakat memaklumi apabila masih ada ketidak sempurnaan di sana sini dan juga berterima kasih atas kesabarannya kami akan terus melakukan perbaikan Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu Tokopedia ruang guru mau belajar apa itu happy face maker BNI link aja, opo Telkom dan digital plafon lainnya beserta seluruh Kementerian lembaga beserta pemerintah daerah sehingga pendaftaran ini bisa dimulai.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih mengatakan
Ya mas tolong sama-sama kita sosialisasikan, Program prakerja ini merupakan bantuan pelatihan berbasis kompetensi melalui daring yang diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak Covid 19, antara lain. Yang di PHK, yang dirumahkan, baik pekerja formal maupun informal yang saat ini tidak dapat menjalankan usahanya, Itu Barangkali dan untuk jelasnya besok aja di kantor ya,” tegas Kadisnaker, Minggu (12/4/2020), melalui pesan elektronik.

Sedangkan pemerhati masalah sosial dan juga Direktur PKSPD (Pusat Kajian Strategis Pembangunan Daerah) O’ushj Dialambaqa secara terpisah saat dimintai statments langkah yang ditempuh oleh pemerintah terkait yang ditanggung masyarakat Dari dampak Covid-19 mengatakan ini sebagai langkah responsif yang cepat atas informasi publik yang dilakukan Kadisnaker Wulan harus kita apresiasi dengan baik, sehingga informasi publik itu bisa secepatnya ditangkap dan bergulir efektif di ruang publik.

“Saya berharap semua OPD/SKPD dalam hal semua informasi publik harus segera diinfirmasikan dan bisa diakses publik dengan benar, transparan dan bisa dijamin akuntabilitas publiknya, begitu juga halnya semua informasi publik yang ada Dewan. Ini masih sangat tertutup bahkan tidak bisa diakses sama sekali padahal baik di Eksekutif maupun di Legislatif semua memiliki website,” ujar O’ushj Dialambaqa, Minggu (12/4/2020).

Lanjut Direktur PKSPD, yang masih terus disembunyikan dan tidak bisa diakses publik hingga sekarang ini adalah E-Planning dan E-Budgeting, padahal MoU dengan KPK sudah ditandatangani sejak 2017 tapi sampai sekarang tetap dilanggar dan diabaikan. Ketertutupan tersebut menunjukkan model dan karakteristik pemerintahan yang korup. Ciri utama ketertutupan atau menyembunyikan transparansi dan akuntabilitas publik adalah ciri penyelenggaraan birokrasi yang korup.

Saya berharap semua data atau informasi publik agar bisa diakses publik dengan data yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan agar para peneliti, akademisi dan pemerhati publik tidak sesat analisisnya.

Jika sekarang sekarang kebenaran datanya tidak valid karena hanya asumsi imaji, maka mulailah sekarang meng-enol-kan data atau merefleskan data, memulai dari titik nol kinerja birokrasi harus bersandar pada data atau harus berbasis data. Ini baru bisa diwujudkan jika Plt. Bupati atau Bupati nantinya waras, jika tidak, ya memang sulit seperti model Plt. Bupati sekarang ini, tidak ada respon atau kegelisahan bahwa disemua OPD/SKPD datanya hanya data asumsi yang diangkakan menurut kebutuhan jika diperlukan mendadak.

Bayangkan bagaimana jadinya kebijakan lahir dari sebuah data yang validitasnya dibawah 20% bahkan ada yang blong sama sekali setelah saya telusuri (receck) keberbagai SKPD sekalipun para buzernya akan melakukan bantahan di medsos tapi jika saya akan untuk melakukan pengujian kebenaran lantas bilang semua orang juga ada salahnya atau mempunyai kelemahan.

Padahal karena kita bukan manusia sempurna justru kita harus berupaya memperbaiki itu semua apalagi ini namanya pemerintahan. Jadi jangan berkelit dan bersilat lidah hanya sekedar berapologi dan beralibi sampah, pungkasnya. (KkP)

Komentar

News Feed