oleh

Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Pemdes Kapringan Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Telur Asin

-Daerah, Ekbis-642 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Guna meningkatkan ekonomi keluarga, peningkatan kualitas hidup warganya pemerintah Desa Kapringan Kecamatan Krangkeng menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembuatan telur asin dari telur bebek.

Dengan nara sumber Bapak Alia (50) dalam Pelatihan Pembuatan telur asin, Alia memaparkan bahwa produknya aman tampa bahan pengawet bahan – bahan yang dipakai dari bahan Alami dan sehat serta ada disekitar kita.

Peserta Pelatihan berjumlah 40 peserta dari berbagai usia, antusias peserta cukup bagus karna telur asin khas Desa Kapringan ini sudah terkenal sebelumnya baik rasa, ketahanan telur dalam satu minggu tidak basi.

Menurut Kuwu Desa Kapringan, Sukijah (48) menjelaskan untuk pelatihan Pembuatan telur asin alhamdulillah bisa kami laksanakan tadi pagi sebelumnya juga dilaksanakan “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD”.

“Insyaallah untuk lebih mematangkannya nanti di bulan Juli atau September akan saya laksanakan lagi pelatihan ini agar masyarakat betul-betul paham cara membuat telur asin hingga bisa membantu perekonomian warga saya, dan kedepan sebagai ikon atau ciri khas makanan di desa kami yaitu Desa Kapringan,” tegas Kuwu Sukijah, Sabtu (30/5/2020).

Sufyan.SPD.MM, pendamping desa Kecamatan Krangkeng bahwasanya pada hari ini telah dilaksanakan kegiatan dibidang pemberdayaan masyarakat berupa kegiatan pelatihan keterampilan produksi telur asin telur yang merupakan salah satu produk
unggulan desa yang ada di desa Kapringan maka Kemudian pada hari ini pemerintah desa melalui program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dianggarkan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 untuk kegiatan pelatihan keterampilan produksi telur asin.

” Selanjutnya agar supaya telur asin ini bisa menjadi produk unggulan Desa Kapringan, maka pelatihan ini nanti dilakukan secara berjengjang sampai betul-betul warga terampil,” ujar Sufyan.SPD.MM, Sabtu (30/5/2020)

Alhamdulillah dalam kegiatan ini juga dihadiri TA PMD P3MD Kabupaten Indramayu Yana Sudiana, S. Sos. MM. yang selalu mendukung penuh pemberdayaan ekonomi desa.

Yana Sudiana, S. Sos. MM. TA PMD P3MD Kabupaten Indramayu Jawa Barat saat dimintai statmentsnya terkait pelatihan pembuatan telur asin di Desa Kapringan menerangkan “dengan adanya pelatihan dan pemberdayaan masyarakat.Diharapkan desa berupaya terus menerus untuk memfasilitasi dalam bentuk kegiatan pelatihan dan bersifat non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengrajin telor asin agar mampu mengidentifikasi kendala persaingan pasar dan meningkatkan kualitas, kemasan dan brandingnya.

Selanjutnya perbaikan kegiatan/tindakan yang dilakukan, diharapkan akan memperbaiki kelembagaan/ kelompok pengrajin telor asin termasuk pengembangan jejaring kemintraan usaha guna meningkatan pendapatan dan keadaan lingkungan yang lebih baik. (KkP)

Komentar

News Feed