oleh

Gelar Halal Bi Halal Virtual, Pemuda Indramayu Siap Hadapi Adaptasi Kehidupan Baru Pandemi Covid-19

Tanganrakyat.id, Indramayu-Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan Halal bi Halal Organisasi Kepemudaan se-Kabupaten Indramayu pada hari Sabtu 20 Juni 2020 malam secara virtual. Kegiatan yang mengangkat tema “Silaturahmi menguatkan persatuan pemuda dalam menghadapi masa adaptasi kehidupan baru pandemi Covid-19” ini diikuti oleh seluruh pimpinan organisasi kepemudaan tingkat kabupaten dan juga ketua DPK KNPI kecamatan se-kabupaten Indramayu.

Selain itu kegiatan ini diikuti pula oleh unsur Forkopimda Kabupaten Indramayu, diantaranya Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat, SH.M.Si sebagai Ketua Dewan Pembina Kepemudaan di Kabupaten Indramayu, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu H. Syaefudin,SH. selaku Ketua Dewan Penasehat KNPI Kabupaten Indramayu, Kapolres Indramayu yang diwakili oleh Wakapolres Indramayu Kompol Nanang Suhendar, SH,MH. dan Dandim 0616 Indramayu yang di wakili oleh Kasdim Mayor Inf. Ruhiyat.

Dalam kegiatan ini dipaparkan mengenai preview penanganan Covid-19 di Kabupaten Indramayu serta hal-hal yang berkaitan dengan persiapan Kabupaten Indramayu dalam menghadapi Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) pandemi Covid-19, yang disampaikan oleh Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara, dan dipandu oleh Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Didik Himmawan, SS.M.Pd,i.

Halal Bi Hahal Organisasi Kepemudaan Indramayu Bersama Forkopimda Kabupaten Indramayu (Foto.Red)

Kegiatan Halal bi Halal ini merupakan media silaturahmi dalam momentum hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan antara pemerintah sebagai Pembina kepemudaan dengan stakeholder kepemudaan dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Indramayu. Kegiatan pada tahun ini memang agak berbeda dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, sehingga kami laksanakan secara virtual, guna mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah dalam mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.
Selain itu, saat pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan, kabupaten indramayu masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun walaupun diselenggarakan secara virtual tidak mengurangi esensi dari pelaksanaan kegiatan halal bi halal ini, karena intinya adalah adanya komunikasi dan silaturahmi antara seluruh komponen kepemudaan di kabupaten indramayu, ujar H. Muhaffidin, M.Pd. selaku wakil Ketua Bidang Keagamaan DPD KNPI Kab. Indramayu.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Indramayu Haji Taufik Hidayat menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada KNPI dan Pemuda Kabupaten Indramayu pada umumnya yang telah melakukan beberapa kegiatan sebagai partisipasi aktif pemuda dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Indramayu, diantaranya melakukan partisipasi kegiatan penyemprotan disinfektan diseluruh wilayah Kabupaten Indramayu; Partisipasi sebagai petugas aktif Check Point yang dilaksanakan di beberapa titik perbatasan Kabupaten Indramayu serta di masing-masing kecamatan dan desa; Berperan aktif dalam mengikuti kegiatan pengarahan masyarakat dan edukasi baik secara langsung maupun melalui media sosial; Partisipasi KNPI dalam proses perbaikan dan pemadanan data penerima Bantuan Sosial Covid-19 melalui inovasi aplikasi yang merupakan hasil karya Satgas Covid-19 Pemuda/KNPI Kabupaten Indramayu, sehingga mampu memberikan hasil yang baik dalam penyajian data penerima bantuan sosial di Kabupaten Indramayu dari seluruh saluran bantuan sosial Covid-19.

Polres dan KODIM 0616 Indramayu pun memberikan apresiasi yang besar kepada para fungsionaris kepemudaan di Kabupaten Indramayu yang dinilai telah secara aktif berpartisipasi hadir di tengah masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan sosial penyaluran bantuan Alat pelindung diri (APD), sembako, makanan, vitamin, disinfektan dan perlengkapan kebersihan tubuh lainnya serta tenaga dan fikiran dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan bersama gugus tugas pemerintah, baik pemerintah kabupaten, kecamatan, maupun desa.

Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H.Syaefudin,SH. menyampaikan pula apresiasinya kepada seluruh komponen organisasi kepemudaan dan meminta agar tetap dalam Bersatu padu dan menjaga kekompakan dalam masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Indramayu ini.

Pada prinsipnya dalam menghadapi Adaptasi Kehidupan Baru pada masa pandemi Covid-19 ini hal yang patut menjadi pedoman adalah tetap pada kepatuhan akan Protokol Kesehatan Covid-19 yaitu 1. Kewajiban memakai masker, 2. Kesadaran untuk dapat sesering mungkin mencuci tangan, 3. Kesadaran akan physical distancing, serta tak lupa membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Namun hal tersebut dibutuhkan upaya edukasi dan penyadaran secara massif dan berkelanjutan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu, dalam berbagai media dan tata caranya dengan memperhatikan karakteristik masyarakat Kabupaten Indramayu.
Dalam momentum ini pula, KNPI Kabupaten Indramayu beserta seluruh komponen organisasi kepemudaan tetap menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu beserta seluruh jajarannya serta Forkopimda untuk dapat melaksanakan tugas-tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Indramayu dengan baik dan amanah.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Yoga Rahadiansyah,SH. Menyerukan bahwa sangat diperlukan Peningkatan koordinasi serta kreatifitas pemerintah dalam menyikapi dinami pandemic Covid-19, Transparansi dan pengawasan anggaran serta penggunaan anggaran yang bertanggungjawab, komitmen pelaksanaan tugas-tugas dalam pencegahan Covid-19, penanganan kesehatan yang berkualitas dan profesional, serta penyaluran bantuan sosial yang berkeadilan serta bebas dari kepentingan apapun merupakan bagian penting dari keberhasilan penanganan Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Yoga menuturkan pula bahwa, Pemuda Indramayu harus selalu siap untuk berpartisipasi di tengah masyarakat sebagai garda terdepan. Berikan kapasitas kepada pemuda untuk ikut berperan serta dalam pelaksanaan kegiatan, mulai saat proses pengambilan kebijakan hingga hal-hal yang sifatnya teknis operasional. Jiwa kerelawanan dan kemanusiaan kaum pemuda tidak perlu dipertanyakan dan disanksikan lagi.

Dan yang terpenting pula pemuda harus siap menghadapi Adaptasi Kehidupan Baru selama masa pandemic Covid-19. (Red)

Komentar

News Feed