oleh

Desa Dadiharja Kembangkan Wisata Alam Dan Bumi Perkemahan

-Daerah, Ekbis-1.225 views

Tanganrakyat.id, Ciamis-Desa Dadiharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis saat ini sedang di kembangkan Wisata Alam dan Bumi Perkemahan hal ini sesuai dengan Program unggulan yang sedang dikembangkan pemerintah melalui Kementrian Desa PDTT adalah program one village one product (satu desa satu produk). Program ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat desa.

Pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di desa saat ini dapat di kembangkan serta di tunjang oleh pola pikir dan inisiatif dari berbagai pihak yang lebih maju kedepan.

Keindahan Bukit Puncak Ambeng Dipagi Hari (Foto.Red)

Adalah Bapak Sawa Sutisna (52) dan Dede oji (50) sang inisiator Desa wisata
Dadiharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis memaparkan bermula dari Bulan Juni 2020 saat istirahat sepulang dari pasir bentang singgah di bukit Puncak Ambeng dan melihat ke utara dan timur begitu indahnya pemandangan alam dengan spontan terlintas di pikiran ini perlu di tata dengan baik maka tempat ini akan lebih menarik terutama bagi pencinta keindahan alam.

“Sepulang kerja saya singgah di Puncak Ambeng betapa indahnya pemandangan di tempat tersebut hingga terlintas untuk menjadikan tempat Wisata Alami dan Bumi Perkemahan, dan tentu sebagai Potensi SDA dalam bidang pengembangan Wisata Alam,” ujar Sawa Sutisna, Minggu (25/07/2020) di dampingi temannya Dede oji.

Dari Kiri Ke Kanan Latri Kholilah (Pengelola) Sawa Sutisna (Inisiator) Irfan Syahbudin. SPD (Karangtaruna) Ded Oji (Inisiator) (Foto.Red)

Sedangkan Atim, S.H (48)
PJ. Kepala Desa Dadiharja menambahkan “Puncak Ambeng adalah potensi Wisata Alam yang berada di Desa Dadiharja berada di atas tanah milik yang memiliki motivasi besar dalam mengembangkan pariwisata perdesaan. Disamping itu pula diharapkan akan munculnya pelopor-pelopor baru dalam mengembangkan potensi lain sebagai pendukung berkembangkangnya usaha pariwisata di pedesaan. Sehingga pada gilirannya nanti seiring dengan perkembangan pariwisata itu akan berkembang pula sektor-sektor ekonomi lainya dan secara bertahap.

“Ini pasti akan menunjang kesejahteraan masyarakat. Kami dari pemerintah desa akan terus mendorong peran serta masyarakat lain secara bergotong royong mewujudkan ide-ide kreatif yang diberikan oleh masyarakat sesuai dengan aturan yang ada dengan mengedepankan asas kebersamaan dan gotong royong,”terang Atim, Minggu, (25/7/2020).

Ketua BPD Yoyon Sofyan. S.Pd (45) atas nama lembaga “Sangat mendukung dan aspresiasi dengan dibukanya Puncak Ambeng sebagai salah satu destinasi wisata alam yang ada di Desa Dadiharja. Semoga kedepan dengan telah dibukanya Puncak Ambeng ini selain lebih memperkenalkan Desa Dadiharja juga tentunya dapat meningkatkan pemberdayaan Masyarakat sekitar.

Kami dari Lembaga juga mengajak semua pihak untuk dapat mensupport keberadaan dan pengelolaan Puncak Ambeng ini agar lebih baik dan lebih dikenal lagi sebagai satu tujuan wisata alam di Kabupaten Ciamis.

Dengan adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak dalam pengembangan SDA selain Puncak Ambeng ada juga yang akan di kembangkan Pasir Bentang dan Wisata Air Arum Jeram Cijolang dan harapkan Desa Dadiharja di waktu akan datang mempunyai produk unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian perkapita dan mempunyai pendapatan Asli Desa (PAD) yang dapat meningkat kesejahteraan masyarakat pada umumnya. (Red)

Komentar

News Feed