Ponpes Al Qur’an Cijantung Respon Covid-19 Dengan Gelar Lomba Pidato Youtube

  • Bagikan
Cristalia Ainunnissa Santri Ponpes Al Qur'an Cijantung (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Ciamis-Dimasa pandemi wabah covid-19 dan juga wajib mengikuti protokol kesehatan Pondok Pesantren Al Qur’an Cijantung dalam kegiatan belajar mengajarnya diantaranya mengunakan system online, seperti mengadakan lomba pidato yang melalui youtube, ada salah satu santri yang berbakat yaitu Cristalia Ainunnissa.

Di pondok pesantren Cristalia Ainunnissa belajar dengan rajin dan termasuk satriwati yang berprestasi, terbukti hasil belajar agamanya yang di aplikasikann dalam kegiatan lomba ceramah dapat menyampaikan penuh penghayatan dan dalil dalil yang fasih serta membuat kagum yang mendengarkannya dalam akun youtube lomba santri di Pondok pesantren Al Qur’an Cijantung Kabupaten Ciamis.

Cristalia Ainunnissa lahir di ciamis tahun 2007 anak pasangan dari bapak Andar lskandar – ibu Rika Idhawati Dusun Samarang RT 2 RW 4 Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, mesantren di Pondok pesantren Al Qur’an Cijantung Kabupaten Ciamis dan bersekolah di MTs Harapan Baru duduk di kelas 7 (tujuh)

Andar Iskandar (Kepala Dusun Samarang) orang tua Cristalia Ainunnissa menyampaikan “bangga atas prestasi yang selama ini diraih putrinya.

“Saya dan keluarga mempercayakan sepenuhnya terhadap Pondok pesantren Al Qur’an Cijantung untuk mendidik anak kami untuk menimba ilmu keagamaan karena bermanfaat bagi drinya maupun untuk yang lain serta menjadi anak sholehah, ucapan terima kasih kepada Pondok Pesantren yang telah membina anak kami,” ujar Andar Iskandar. Jum’at, (27/11/2020).

Kutipan ceramah Cristalia Ainunnissa saat Ceramah di Youtube

“Keutamaan bersodakoh”
Bismilahirohmanirohim
Asalamualaikum wr wb
Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke khadirot Allah SWT.Sholawat beserta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhamad SAW. Pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit tentang Keutamaan bershodakoh sebagai mana dalam sebuah pribahasa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah juga dijelaskan dalam Al Qur’an surat Al Hadist ayat 18 Sesungguhnya orang orang yang bersedekah baik laki laki maupun perempuan dan memimjamkan kepada Allah dgn pinjaman yg baik maka akan dilipat gandakan balasanya bagi mereka dan mereka yg akan mendapatkan pahalanya.

Hadirin rohimakumuloh
Perlu diketahui bahwa tidak ada dalil dalam Al Qur’an maupun hadist yg menyatakan bahwa bershodaqoh akan membuat kita menjadi miskin, namun sebaliknya bershodaqoh akan membuat kita serba berkecukupan, mengapa demikian?

Karena Allah SWT telah berjanji barang siapa yg mau bershodaqoh maka akan dilipat gandakanya sampai 700 kali lipat.
Perihal shodaqoh ini ada sedikit cerita dari hadist yang diriwayatkan oleh Tarmidzi dan Ahmad tatkala Allah ciptakan bumi, bumipun bergetar lalu Allah ciptakan gunung maka bumipun hanya terdiam akhirnya para malaikat keheranan dan bertanya Yaa Robbi adakah ciptaan Mu yg lebih kuat daripada gunung ? Allah menjawab “ada” yaitu besi “para malaikat kembali bertanya Ya Robbi adakah ciptaan Mu yang lebih kuat daripada besi? Allah menjawab “Ada yaitu api “Para malaikat kembali bertanya, Ya Robby adakah ciptaan Mu yang lebih kuat daripada api? Allah menjawab “Ada yaitu Air” Para malaikat kembali bertanya Ya Robby adakah ciptaan Mu yang lebih kuat daripada Air?Allah menjawab “Ada yaitu Angin” Ahinya para malaikat masih penasaran dan bertanya lagi, Ya Allah adakah ciptaan Mu yang lebih dahsyat dari itu semua ? Allah menjawab,” Ada yaitu amal anak anak Adam yg bersyodakoh dgn tangan kananya sedangkan tangan kirinya tidak mengetahuinya”.
Hadirin Rohimakumulloh
Abu hurairoh RA berkata Rosululoh saw bersabda” setiap persendian manusia wajib bersedekah disetiap hari dimana matahari terbit didalamnya lalu apa saja dari persendian kita yang wajib disedekahkan?

Salah satunya adalah sodakotul tarikhi anil adza wa fumit dan engkau menyingkirkan duri dan sebagainya dari jalan itu adalah shodakoh dapat kita beri contoh ketika kita sedang berjalan lalu kita menemukan duri atau benda apapun yg dapat mencelakakan orang lain,setelah itu kita menyingkirkan benda tersebut maka itu termasuk sodakoh.

Hadirin Rohimakumuloh
Dapat disimpulkan bahwa orang yang suka bershodakoh adalah orang yang beruntung karena Allah menginginkan derajat seseorang maka dari itu marilah kita bershodakoh membantu orang orang yang membutuhkan kita,membantu orang orang yang sedang jihad dijalan Allah SWT. mungkin dicukupkan sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan.

Baca juga:Dua Santri Ponpes Al-Ishlah Tajug Ukir Prestasi Dalam Kejuaraan Taekwondo ITN Open IV

Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semua amin ya Allah ya Robal alamin.
Akhirul kauli ihdinasirotol mustakim.
Wasalamualaikum wr wb. (Red)

  • Bagikan

Comment