oleh

Karang Taruna Sindang Kolaborasi Dengan Karang Taruna Desa Babadan Gelar Diskusi Refleksi Akhir Tahun

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pemuda Karang Taruna Kecamatan Sindang dan Karang Taruna Desa Babadan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu adakan diskusi Refleksi Akhir Tahun dengan tema “Peran Pemuda di masa Pandemi Covid-19″ bertempat lapangan bola, Minggu, (29/12/2020)

Kegiatan ini sangat penting dilakukan, karena diera Global digital dan situasi pandemic covid 19 ini anak muda harus dituntut bisa memahami perubahan Sosial dan perannya sebagai pemuda, hal ini diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Sindang oleh Mohamad Fachrur Rozi didampingi Ketua Karang Taruna Desa Babadan Fathurrahman.

Acara tersebut di buka langsung oleh Fathurrahman yang kebetulan masih menjabat Ketua Karang Taruna Desa Babadan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Tarmudi, S.Kom., MM (Sekretaris Karang Taruna Kab. Indramayu), Jian Al-Ma’arij, M.Pd (Pemuda Pelopor Jawa Barat Tahun 2020), Irvan Setiawan, SPd. (Pengurus Karang Taruna Kec. Sindang), dan Baharudin Kurdiraharjo, S.Pd. (SM3T / Owner Indoneisagold24k)

Tarmudi, S.Kom, MM. Menjelaskan tentang bagaimana keteladanan yang harus dimiliki oleh seorang pemuda “Karang Taruna” adalah tentang ketulusan dan keikhlasan ketika sudah paham betul bagaimana nilai-nilai di kekarangtarunaan, demi terwujudnya pemuda yang Ber- empati, berjiwa kesetiakawanan social terhadap lingkungannya atau minimal untuk dirinya sendiri,” ujarnya.

Sedangkan Jian, menjelaskan tentang bagaimana pemuda harus bangkit dari keterpurukan terdampak pandemic covid-19, melalui jejaring usaha ekonomi pemuda, dengan program “Bantu UMKM” yang ada pada Karang Taruna Kecamatan Sindang. Karena itu adalah salah satu dari banyak cara peran pemuda menghadapi pandemic Covid-19, kemudian beliau juga menceritakan bagaimana pengalaman beliau pada saat mengikuti pemuda pelopor di jawa barat dan keterlibatan beliau berkolaborasi dengan karang Taruna Kecamatan Sindang membentuk sebuah kegiatan edukasi membatik.

Irvan menjelaskan tentang progress Karang Taruna Kecamatan Sindang dalam satu tahun kebelakang, bagaimana karang taruna kecamatan sudah melakukan konsolidasi terkait karang taruna di desa se-Kecamatan sindang, mengupayakan dan mendorong atau memotivasi pemuda tentang pemahaman organisasi social kepemudaan diwilayahnya masing-masing, kemudian karang taruna kecamatan sindang juga dalam satu tahun kebelakang termasuk dimasa pandemic Covid-19 seperti ini sudah berupaya keras membantu pemerintah atasi kesulitan masyarakat, termasuk peran pemuda hari adalah terus memberikan inovasi gagasan dan ide terkait pembangunan daerah khususunya di kecamatan sindang dan umumnya diwilayah kab. indramayu

Baharudin juga menceritakan sebagaiamana pengalaman beliau dibidang entrepreneur dan pengalamannya dibidang pendidikan, bahwa islam telah mengajarkan kita semua untuk berukhuwah islamiyah bagaiaman kita harus bersikap toleran kepada siapapun, termasuk dihari ini bahwa yang paling penting dalam hidup adalah terus menebarkan kebaikan kepada orang lain, apalagi pada saat pandemic Covid-19 seperti ini, peran kita sebagai pemuda lakukan sebisa dan semampu kita saja untuk membantu pmerintah mengatasi kesulitan masyrakat.

Sedangkan Fachrur Rozi juga mengingatkan kepada semua peserta diskusi agar dapat memahami peran apemuda di masa pandemic Covid-19 ini supaya mereka paham bagaimana refleksi ditahun ini adalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Kegiatan inipun selalu mematuhi Protokol Kesehatan. (Red)

Komentar

News Feed