Jelang Pemungutan Suara Pilwu Serentak, KNPI Intruksikan Pemuda Kawal Kualitas Pemilihan Serta Jaga Persatuan Dan Kesatuan

  • Bagikan
Jelang Pemungutan Suara Pilwu Serentak, KNPI Intruksikan Pemuda Kawal Kualitas Pemilihan Serta Jaga Persatuan Dan Kesatuan (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Menjelang pemilihan kuwu (pilwu) Serentak yang diadakan di 171 desa di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu. Panitia pemilihan kuwu sudah melakukan berbagai persiapan terkait pelaksanaan pemilihan pada tanggal 2 juni 2021 nanti.

DPD KNPI Kabupaten Indramayu melalui Tim Pokja Pemuda Pilwu berharap ajang pemilihan kuwu ini bisa menjadi momentum untuk mendapatkan pemimpin desa yang terbaik. Para calon yang berkompetisi adalah orang – orang pilihan. Tentu harapannya para calon kuwu ini bisa bersaing secara sportif, tidak melakukan money politic dan siap untuk menang maupun untuk kalah. Ujar Dedi Supriyadi M.Pd selaku koordinator Pokja Pemuda Pilwu.
Selain itu Dedi mengharapkan agar para Panitia Pilwu dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai panitia membuat hal-hal yang dapat menciderai proses demokrasi ditingkatan desa ini.

Masih menurut Dedi, ia menambahkan bahwa masyarakat hari ini harus lebih cerdas dalam memilih pemimpin. Jangan sampai hanya karena diiming-imingi uang, lantas salah dalam memilih pemimpin. Kita berharap agar masyarakat bisa memilih calon kuwu dengan melihat visi misi dan gagasannya. Sehingga program-program yang ada di desa dapat dijalankan dengan baik dan transparan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Yoga Rahadiansyah,SH. menyatakan bahwa demi terlaksananya pemilihan kuwu yang sukses tanpa ekses, KNPI berharap peran serta dari segenap elemen pemuda agar bisa ikut berperan dalam mengawal dan mensukseskan pemilahan kuwu serentak tahun 2021 ini. Sehingga aparat, panitia, masyarakat, pemuda dan elemen lainnya bisa bersama untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Indramayu ini. Momentum pilwu merupakan sarana demokrasi masyarakat desa yang menjadi tonggak awal pembangunan desa yang lebih baik. Oleh karena itu pilwu menjadi sangat penting bagi pembangunan desa, daerah, maupun pembangunan nasional.
Dalam kaitan ini pula, KNPI Indramayu telah menyampaikan surat instruksi yang ditujukan kepada seluruh organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) serta komponen kepemudaan lainnya, yang dapat dijadikan pedoman bagi pemuda dalam mengawal berlangsungnya pemilihan kuwu serentak, ujar Yoga.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu sebagai wadah berhimpun organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) serta sebagai instrumen kekuatan pemuda, memandang pentingnya peranan pemuda dalam mengawal dan mensukseskan pilwu di Kabupaten Indramayu sehingga berlangsung dengan baik dan tanpa ekses yang berarti.

Oleh karena itu kami menyerukan kepada seluruh organisasi kepemudaan dan komponen kepemudaan lainnya untuk :

1.Bersama-sama menjaga kondusifitas, persatuan dan kesatuan masyarakat di desa.

2. Bersama-sama menciptakan penyadaran kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan kuwu berdasarkan kualitas dan harapan yang lebih baik.

3.Bersama-sama mengantisipasi dan menghindari sikap provokatif yang akan menimbulkan konflik antar sesama warga masyarakat desa.

4.Bersama-sama melakukan edukasi dan memantau aktifitas dinamika pemilihan kuwu di media sosial.

5.Bersama-sama menjunjung tinggi aturan-aturan dalam penyelenggaraan pemilihan kuwu yang telah diatur oleh pemerintah daerah, dan berharap elemen pemuda dapat menjadi garda terdepan untuk melaporkan jika ada pelanggaran aturan hukum dalam pemilihan kuwu.

6.Bersama-sama melakukan sinergi dengan aparatur pemerintah demi suksesnya pelaksanaan pemilihan kuwu.
Selalu patuhi ketentuan prosedur kesehatan Pandemi Covid-19.

Baca juga: Pokja KNPI Gelar FGD Dan Bentuk Pemantau Pilwu Independen

Kami berharap pemilihan kuwu serentak kabupaten Indramayu 2021 dapat menciptakan pemimpin desa yang berkualitas sesuai harapan masyarakat dan mampu membawa perbaikan yang signifikan dalam pembangunan yang bertujuan pada kesejahteraan masyarakat desa, tegas Yoga. (Red)

  • Bagikan

Comment