Gelar CIP, Insan Pertamina Balongan Ciptakan Banyak Inovasi

  • Bagikan
Gelar CIP, Insan Pertamina Balongan Ciptakan Banyak Inovasi (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Balongan-PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan, Subholding Refining and Petrochemical, kembali menggelar forum presentasi Continuous Improvement Program (CIP). Kegiatan berlangsung 2 (dua) hari, 29-30 September 2021 bertempat di GOR Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu, Jawa Barat.

Forum Presentasi CIP ini merupakan Batch I atau yang pertama yang digelar pada tahun 2021 oleh PT KPI Unit Balongan dan telah dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh peserta maupun penyelenggara dan tim yang terlibat.

Baca juga: PT Pertamina RU VI Balongan Raih Penghargaan Platinum Di Ajang Pertamina Quality Awards (APQ) 2019

Forum Presentasi CIP Batch I digelar tahun 2021 oleh PT KPI Unit Balongan dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat (Foto: Red)

Pada kesempatan tersebut, Section Head Quality Management PT KPI Unit Balongan Bapak Haji Zulkifli melaporkan, pada forum CIP Batch I tahun 2021 ini jumlah gugus yang mengikuti forum sebanyak 39 gugus yang melibatkan 217 pekerja, terdiri atas 2 RT Prove, 11 PC Prove, 17 FT Prove, dan 8 IProve.

“Mudah-mudahan CIP ini menumbuhkan kembali semangat insan mutu di RU VI untuk berinovasi, agar inovasi yang dihasilkan ini bisa bermanfaat bagi perusahaan, bahkan bisa di hak patenkan”, Kata Zulkifli.

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan Diandoro Arifian, menyambut baik kegiatan CIP yang berhasil digelar tahun ini, menurutnya kegiatan CIP ini merupakan bentuk kecintaan para perwira pertamina di Kilang Balongan dalam upaya mempertahankan keberlangsungan bisnis perusahaan agar terus survive terhadap perkembangan zaman melalui berbagai inovasi yang dihasilkan.

Dikatakan Diandoro, sebuah perusahaan akan mampu bertahan jika terus berinovasi agar teknologi yang digunakan dapat mengikuti perkembangan zaman, selain itu melalui inovasi yang dihasilkan para perwita di Kilang Balongan ini bisa meningkatkan efisiensi, baik efisiensi dalam pemakaian energi maupun keuangan.

“CIP ini merupakan salah satu cara kita untuk memastikan bahwa kinerja dan produktivitas kita dari sisi inovasi bisa membuat survive perusahaan”, tegas GM.

Diandoro berharap seluruh pekerja bisa mengeluarkan ide-ide inovasinya sekecil apapun, karena setiap inovasi yang dihasilkan akan menjadi peran dalam mencapai visi misi perusahaan, dan menjadi salah satu upaya dalam menjaga kehandalan operasional kilang Balongan untuk memproduksi kebutuhan energi dalam negeri.

Baca juga: PT Pertamina RU VI Balongan Raih Prestasi Pada Ajang Annual Pertamina Quality Awards 2020

Sementara itu, Area Manager PT KPI Unit Balongan Cecep Supriyatna mengungkapkan, CIP ini merupakan program Pertamina yang mungkin belum banyak perusahaan lain yang melakukannya, melalui CIP ini banyak ide-ide cemerlang yang penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan, baik terkait masalah teknis agar peralatan kilang tetap terjaga, handal dan aman, inovasi dalam operasional yang ramah lingkungan, maupun inovasi dalam sistem administrasi perusahaan. (Yul)

  • Bagikan

Comment