Indramayu rawan banjir, Relawan F-PRB sosialisasi ke desa-desa

  • Bagikan
Indramayu rawan banjir, Relawan F-PRB sosialisi ke desa-desa (Foto: Dok. F-PRB)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Berkenaan dengan Indramayu yang rawan bencana banjir Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Kabupaten Indramayu mengadakan sosialisasi bencana banjir.

Sosialisasi ini mencakup desa-desa yang dianggap paling rawan di Kabupaten Indramayu seperti di Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang, Desa Tulung Agung Kecamatan Kertasmaya, Desa Tumaritis Kecamatan Haurgeulis, Desa Rajasinga. F-PRB dalam kegiatan sosialisasi menghadirkan pemateri dari anggota F-PRB yang sudah kompeten dibidang bencana.

Ketua Umum F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) M.Alam Sukmajaya, ST, MM mengatakan, kegiatan sosialisasi sebagai kesiapsiagaan bencana banjir, ini merupakan proker FPRB tahun 2021 dimana sesuai tupoksi FPRB untuk mengurangi risiko bencana maka FPRB melakukan sosialisasi dibeberapa titik tersebar dari wilayah barat dan timur indramayu yang kita anggap paling rawan bencana.

Ketua Umum F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) M.Alam Sukmajaya, ST, MM (Foto: Istimewa)

“Berdasar pengalaman pada tahun sebelumnya kegiatan ini diharapkan, masyarakat mengerti dan paham juga siap bilamana bencana itu terjadi kalau semua masyarakat sudah paham dan mengerti maka diharapakan bisa mengurangi dampak yang lebih besar, selalu waspada dan hati hati menyambut datangnya hujan yang menurut info BMKG hujan diperkirakan sampai dengan bulan februari 2022,” tegas Alam Sukmajaya, Rabu (24/11/2021) yang juga sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Ns. Asmadi, M.Kep.Sp.Kom, Saat sosialisasi di Desa Sukagumiwang menyampaikan, “kesiapsiagaan sangat penting dilakukan terutama pada daerah yang memiliki risiko terjadinya banjir. Salah satunya desa Sukagumiwang. Melalui sosialisasi kesiapsiagaan ini, diharapkan masyarakat semakin meningkatkan pemahaman dan skill aplikatif. Selain itu, perlu ditindaklanjuti dengan pembentukan desa tangguh bencana (destana).

“Setiap potensi yang ada di masyarakat perlu dioptimalkan untuk peningkatan kesiapsiagaan masyarakat.meminta dan mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu aktif berpartisipasi dalam menanggulangi bencana didaerah masing-masing,” ujar Asmadi, Selasa (23/11/2021), di Balai Desa Sukagumiwang.

Ns. Asmadi, M.Kep.Sp.Kom, saat sosialisasi Kesiapsiagaan bencana banjir di Desa Sukagumiwang (Foto: istimewa)

Lain halnnya dengan Tarjono Kasie Trantib mengucapkan banyak
berterima kasih kepada FPRB yang telah melakukan sosialisasi kesiapsiagaan banjir. Pemerintah Kecamatan sangat mendukung upaya ini dan mengingatkan kembali pada masyarakat mengenai kepedulian menjaga lingkungan. Sedangkan Kepala Desa dalam hal ini diwakili oleh Lurah Mujahidin  menambahkan untuk sosialisasi kesiapsiagaan banjir ini perlu terus dilakukan. Dan mengharapkan agar ditindaklanjuti dengan pembuatan program desa tangguh bencana.

Secara terpisah pemateri Ismail Husni saat memberikan sosialisi di Desa Tulungagung memaparkan untuk kegiatan ini sifatnya wajib di lakukan karena kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat sangat perlu untuk meminimalisir kerugian (losest ekonomi) berupa kehilangan harta benda kerusakan harta benda dan dokumen2 penting ,korban jiwa dan psikis.untuk itu hasil kajian mitigasi yg di lakukan FPRB tahun 2020.

“Tim Mitigasi Bencana F-PRB dimana telah menemukan titik rawan bencana melalui aspek geografis dg melakukan kajian metodologi pengukuran elevasi, kerusakan tanggul dan sempadan sungai serta penentuan titik koordinat rawan bencana banjir khususnya di sepanjang sungai cimanuk hasil dari itu disampaikanlah kemasyarakatan dengan kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana banjir dengan tujuan menjadi masyarakat yang siaga bencana dengan mengutamakan disasster minimaze risk menuju masyarakat tangguh,” ujar Ismail, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Kurangi Bencana Sungai, F-PRB Kabupaten Indramayu Lakukan Susur Kali Cimanuk

Kuwu Hartini sebagai pimpinan pemerintahan desa sekali lagi mengucapkan banyak trimakasih kepada relawan F-PRB yang membantu Desa Tulungagung agar lebih aman dari bencana banjir dan diharapkan warga kami lebih sigap setelah sosialisasi ini. (Kang Supardi)

  • Bagikan

Comment