oleh

Kurangi Bencana Sungai, F-PRB Kabupaten Indramayu Lakukan Susur Kali Cimanuk

Tanganrakyat.id, Indramayu-Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Kabupaten Indramayu Jawa Barat melakukan kegiatan mitigasi bencana susur sungai, kegiatan ini dilakukan sepanjang Sungai Cimanuk, Minggu (18/10/2020).

Sebanyak 10 anggota F-PRB didampingi Pol air Bapak Sunarto, mulai dari Pulau Cangak sampe ke Jatibarang sepanjang 15 km, team mitigasi bencana terus susur sungai, hingga menjelang magrib.

Team F-PRB Lakukan Susur Sungai Sepanjang 15 km durasi waktu 8 jam (Foto.Red)

Susur sungai ini bertujuan diantaranya seperti memetakan potensi bencana di sekitar tempat susur sungai, mengidentifikasi potensi bencana seperti adanya bendungan alam, sumbatan-sumbatan sungai, mengetahui kondisi alur air di sungai sehingga bisa sebagai referensi perbaikan untuk penanggulangan bencana sungai seperti banjir bandang.

Ketua Umum F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) M.Alam Sukmajaya, ST, MM mengatakan, Kegiatan mitigasi susur sungai ini bagian dari proker tahun 2020 dimana kegiatan ini dilakukan untuk melihat secara langsung sekaligus mengidentifikasi potensi bencana dari temuan dilapangan yang kemudian akan kita buat kajian hasil giat susur sungai dengan membuat kajian hasilnya kita akan sampaikan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu untuk bahan penanggulangan/pencegahan bencana dan tentu mengambil langkah strategis agar potensi bencana besar bisa di minimalisir.

M Alam Sukmajaya, ST, MM Ketua Umum F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten Indramayu (Foto.Red)

“Upaya-upaya diatas, paling tidak dapat menyelamatkan masyarakat apabila bencana banjir, banjir bandang maupun tanah longsor terjadi. Pencegahan harus menjadi pilihan dan semua orang punya peran dalam penanggulangan bencana. Terimakasih atas dukungan relawan selama ini.Salam tangguh, salam kemanusiaan,” ujar M Alam Sukmajaya, ST, MM. Minggu (18/10/2020) pukul 21: 30 WIB. yang juga sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu.

Sedangkan Ismail Husni sebagai tim koordinator susur sungai F-PRB Kabupaten Indramayu menambahkan untuk kegiatan susur sungai tadi pagi dengan tujuan sebagai bahan untuk mengurangi risiko bencana dimana nanti kegiatan itu akan di jadikan penyadaran, peningkatan kapasitas dan pedoman dalam pembangun fisik.

” Kegiatan tadi dengan penyusuran sepanjang 15 km durasi waktu 8 jam dengan agenda pengumpulan data skunder yang dijadikan landasan untuk informasi dan dengan harapan untuk di lanjutkan tindakan yang ril untuk pencegahan bencana.serta untuk di jadikan dasar kegiatan selanjutnya yaitu sosialisasi kepada masyarakat untuk sadar bencana,” terang Ismail, Minggu, (18/10/2020) pukul 21:37 WIB.

Baca juga:F-PRB Adakan Pembekalan Materi Bagi Satgas Covid-19 Di Desa Kebulen Guna Cegah Corona

Diharapakan setelah nanti adanya sosialisai kepada masyarakat yang tinggal disekitar bantaran Sungai Cimanuk bisa sadar bencana banjir dan cara menanggulangi seperti evakuasi mandiri saat bencana terjadi. (Yul)

Komentar

News Feed