F-PRB Adakan Pembekalan Materi Bagi Satgas Covid-19 Di Desa Kebulen Guna Cegah Corona

  • Bagikan
F-PRB Adakan Pembekalan Materi Bagi Satgas Covid-19 Di Desa Kebulen Guna Cegah Corona (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Indramayu (FPRB) adakan
pembekalan materi satgas covid-19 bagi petugas Gugus PenangananCovid-19 tingkat Desa bertempat di Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang guna mencegah Penyebaran Corona, hal ini seperti yang diungkapkan oleh pemateri dari F-PRB Kabupaten Indramayu Ismail Husni.

“Kita melakukan giat sosialisasi dengan satuan tugas Gugus tingkat desa dan di laksanakan di Desa Kebulen karena pertama kita ambil wilayah Kecamatan Jatibarang karena wilayah Jatibarang penduduknya heterogen dari berbagai daerah dan jumlah penduduk paling padat saya tertarik bikin kajian mitigasi di Kecamatan Jatibarang setelah itu kemudian mendapat data dari dua puskesmas yaitu Jatisawit dan Jatibarang sebenarnya setelah di breakdown data migran atau urban katakan OTG itu lebih tinggi data nya di Desa Kebulen dengan jumlah 630 Orang, ” ujar Ismail, Kamis (28/5/2020) di Balai Desa Kebulen, Pukul 20.30 WIB.

Pembekalan Materi Satgas Covid-19 Bagi Petugas Gugus Penanganan Covid Tngkat Desa bertempat di Desa Kebulen (Foto.Red)

Sedangkan Pemateri kedua di isi oleh
Syahrul Akunk tentang Penyusunan SOP gugus tugas covid-19. Ia menyampaikan
agar tim gugus tugas tingkat desa harus mempunyai konsep yang baik, terstruktur, dasar hukumnya jelas, dan pecapaian yang maksimal.

“Melalui penyusunan SOP ini, gugus tugas akan mempunyai pandangan yang sama tentang tugasnya masing-masing, mempunyai data analisa yang valid, dan pola kerja yang sistematis.Sehingga dapat memberikan edukasi ke masyarakat dengan pola yang terstruktur, terdokumentasi, dan akan terus melakukan inovasi inovasi kegiatan melalui evaluasi,” ujar Syahrul.

Masih menurut Akung, diharapkan dari penyampaian materi kali ini, tim gugus tugas mampu membaca permasalahan yang ada di masyarakat terkait dengan pencegahan penyebaran virus covid-19, mampu memberikan edukasi sesuai dengan standar WHO, dan menjunjung tinggi pola pendekatan kearifan lokal, agar masyarkat lebih mudah memahami semua yang terkait dengan virus covid-19.Serta SOP yang sudah disusun oleh tim gugus tugas dapat menjadi pedoman bersama, baik ditingkat pemerintah desa, RT, RW, dan masyarakat itu sendiri.

Kuwu Desa Kebulen Tarkani dalam sambutannya memaparkan di Desa Kebulen sendiri sudah menerapkan Protokol Kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan dll. Selanjutnya kami sangat berterimakasih dengan F-PRB yang telah memberikan pemahaman serta edukasi tentang wabah virus Covid-19 di Desa Kebulen, mudah-mudahan dengan adanya edukasi ini Warga kami lebih patuh dan melaksanakan himbauan tentang pencegahan Covid-19.

Sedangkan ditempat terpisah Ketua Umum F-PRB, M. Alam Sukmajaya, ST, MM saat dihubungi melalui selularnya memberikan penjelasan “kegiatan yang dilakukan oleh F-PRB adalah kegiatan untuk kesekian kalinya dalam rangka membantu pemerintah bersama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 kali ini FPRB melakukan kegiatan di Desa Kebulen dalam bentuk sosialisasi/memberi pembekalan kepada satgas desa kebulen dengan harapan setelah diberi pembekalan satgas desa bisa melakukan sosialisasi secara baik, benar, terstruktur dan terintegrasi dengan demikian apa yang menjadi harapan bisa terwujud.

Baca juga:F-PRB Melakukan Edukasi Pencegahan Wabah Covid-19 Di Desa Tegalurung

“Kami juga atas nama F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten Indramayu menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pak Kuwu Desa Kebulen atas respon dan suportnya atas kegiatan yang kami lakukan,” pungkasnya. (Yul)

  • Bagikan

Comment