Ketum DPP Prawita GENPPARI, Motivasi Santri dan Santriwati Ponpes Nahdlotul Mubtadiin Indramayu

  • Bagikan
Ketum DPP Prawita GENPPARI, Motivasi Santri dan Santriwati Ponpes Nahdlotul Mubtadiin Indramayu (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Bertempat di Ponpes Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy, Desa Pekandangan Jaya Indramayu Jawa Barat, Ketua umum DPP Prawita GENPPARI (Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia) Dr.Ir. Dede Farhan Aulawi, S,H, M.M ,CHT. memberi pembekalan dalam bentuk memotivasi santri. Hal ini sebagai rangkaian dari acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPD PRAWITA GENPPARI kabupaten Indramayu.

Dari motivasi santri ini diharapkan para santri lebih giat lagi dalam belajar sehingga apa yang dicita-citakan tercapai, mereka harus  berprestasi sampai maksimal.

“Motivasi santri di pesantren – pesantren dan juga pelajar di sekolah – pesantren umum serta mahasiswa di berbagai perguruan tinggi harus terus kita motivasi agar mencapai prestasi yang maksimal,” terang Dede Farhan Aulawi, Senen (14/3)  melalui sambungan selulurnya.

Lanjut Dede Farhan Aulawi, sambutan yang baik dan antusias dari para santri dan pimpinan ponpes semoga menjadi langkah agar para santri Ponpes Nahdlotul Mubtadiin semakin semangat dalam menuntut ilmu sehingga menjadi insan yang berguna bagi agama, keluarga, Nusa dan bangsa.

Ketua umum DPP Prawita GENPPARI (Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia) Dr.Ir. Dede Farhan Aulawi, S,H, M.M ,CHT. memberi pembekalan dalam bentuk memotivasi santri di Ponpes Nahdlotul Mubtadiin Desa Pekandangan (Foto: Red)

“Begitupun dengan program Wisata Edukasi Berbasis Pesantren (WEBTREN) yang menjadi lokomotif dalam menggerakan ekonomi pesantren, sekaligus pembekalan keterampilan teknis bagi para santri di bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan (4P),” imbuhnya.

Jika motivasi sudah terbangun, sebenarnya saat ini setiap orang bisa belajar secara mandiri baik melalui berbagai buku maupun media internet. Itulah sebabnya kita sering mendorong agar para pengajar selalu meyisipkan pesan – pesan yang bisa memotivasi siswanya di tengah setiap mata kuliah atau mata ajaran yang ia ajarkan “, ungkap Ketum Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi.

Kemudian Dede juga menambahkan bahwa motivasi sangat penting untuk membantu dalam mencapai tujuan, memecahkan masalah, menghadapi tantangan, dan mengambil peluang. Bukan hanya itu, motivasi juga diperlukan untuk mengubah kebiasaan buruk. Kehilangan motivasi bisa memberi dampak buruk pada kualitas hidup seseorang, termasuk menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit, misalnya stress atau depresi. Disinilah pendekatan spiritualitas melalui ibadah dan do’a harus terus ditingkatkan.

Dalam konteks ini, Dede menyampaikan beberapa kiat untuk mencapai keberhasilan yaitu yang pertama harus memiliki cita – cita yang jelas dan tertulis. Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup secara spesifik, jelas, objektif, dan realistis. Kemudian, tulis tujuan tersebut dalam kertas besar ataupun kertas kecil agar kita selalu ingat apa yang dicita – citakan. Setelah itu, buatlah rencana dan susun langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: DPD Prawita Genppari Indramayu resmi dilantik

 Setelah itu lakukan ikhtiar belajar yang maksimal dan disertai dengan peningkatan kualitas ibadah dan peningkatan frekuensi do’a di waktu – waktu yang mustajabah. Kemudian juga seringlah meminta do’a dan restu dari orang tua, baik orang tua yang di rumah maupun orang tua di sekolah atau pesantren. Tak lupa perbanyak memohon do’a dari kaum miskin dan dhuafa. Kemudian tidak lupa untuk melakukan istirahat yang cukup agar kesehatan bisa tetap terjaga “, pungkas Dede. (K.Spd-19497)

  • Bagikan

Comment