Aktivis Ormas LMP akan Laporkan dugaan Pemotongan BPNT Desa Tuk Cirebon

  • Bagikan
Aktivis Ormas LMP akan Laporkan dugaan Pemotongan BPNT Desa Tuk Cirebon (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Cirebon – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Tuk
Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat (Kemensos) melalui Puskesos Desa Tuk diduga dilakukan
pemotongan dan dimanfaatkan untuk meraup keuntungan oleh sekelompok oknum.

Hal ini terlihat adanya  penggiringan KPM oleh E-Warung pada saat penyaluran bantuan yang dilakukan orang berinisal AD sebagai pengelola E-warung, yang merupakn adik kandung dari Kuwu Faturohman Kepala Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Sementara itu saat akan konfirmasi dengan Kepala Desa (Kuwu) Tuk Faturakhman, tidak ada ditempat. Jumat, (11/03)

Sedangkan salahsatu warga berisial Y (37) penerima BPNT berujar bahwa setelah bantuan diterima dari Kantor Pos, kemudian diarahkan masuk ruangan untuk ditukarkan dengan sembako, “Jadi uang 600 ribu itu diambil tidak disisakan serupiahpun dan sembako yang kita terima juga sedikit.

Kang Amin Std, aktivis  Laskar Merah Putih (LMP) dari Kabupaten Cirebon sangat geram atas  dugaan pemotongan, dan pengiringan dana Bantuan Pangan Nontunai ( BPNT) yang kini dapat diuangkan melalui PT. Pos Indonesia (Persero).

Saat di temui di ruang kerjanya, Jumat, 11/03/2022, “saya merasa geram kepada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dengan tega mengambil hak masyarakat kecil, hanya karena mencari keuntungan semata, “ujar kang Amin.

Ditegaskan kang Amin, pihaknya juga akan melaporkan ke pihak berwajib, “kami akan melapporkan ke pihak APH (Aparat Penegak Hukum),” tegasnya.

Untuk diketahui bersama Program bantuan tersebut (BPNT) berubah menjadi program sembako dengan penambahan besaran jumlah nilai bantuan dan variasi jenis bahan pangan serta penambahan target sasaran jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Yang sebelumnya diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yakni berupa bahan pokok sembako melalui E-Warung.

Tetapi berdasarkan Keputusan Dirjen PFM No 29/6/SK.HK/01/2/2022 tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Program Sembako Priode Januari-Februari-Maret 2022 dapat diuangkan melalui PT. Pos Indonesia (Persero) setempat. (Al).

  • Bagikan

Comment