250 Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Indramayu, Fasilitas Toilet Rusak Parah

  • Bagikan
ilustrasi

Tanganrakyat.id – Indramayu – Ibrahim malik Kabid.pembinaan sekolah dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu,” mengatakan dari 886 SDN di Kabupaten Indramayu, kurang lebih 30 persen Fasilitas Toilet mengalami kerusakan yang cukup Parah sampai saat ini belum ada pemeliharaanya.

” Tiga puluh persen mengalami kerusakan,”ujar Ibrahim Malik saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (14/9/2018).

Ibrahim malik juga menambahkan SD Cibeber Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang yang tidak memiliki fasilitas MCK sekolah belum terupdate datanya oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI makannya bisa sampai begitu keadaanya sehingga belum bisa di bangun fasilitas tersebut.

Karena, perbaikan sekolah harus didasarkan atas Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.

Masih Menurut Ibrahim, Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

“Perbaikan bangunan sekolah melalui APBN dan DAK harus didasari atas update data dari Dapodik,”kata dia.

Pada tahun ini, Kabupaten Indramayu mendapatkan bantuan rehabilitasi Toilet 100 sekolah dari APBN.

“SDN Cibeber tidak termasuk yang akan mendapatkan bantuan pada tahun ini. Tapi kami mendorong kepada pihak sekolah untuk mengupdate kerusakan MCK sekolah melalui dapodik,”kata dia.

Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu akan membantu percepatan pembangunan fasilitas MCK di SDN Cibeber.

Sebelumnya orang tua siswa banyak yang mengeluhkan tidak adanya MCK di sekolah tersebut sehingga enggan menyekolahkan di Sekolah tersebut karena minimnya fasilitas termasuk tidak adanya Toilet.(KkP/KSpd)

  • Bagikan

Comment