oleh

Antisipasi Tanggul Jebol Wabup. Supendi Asessmants Sungai Cimanuk

Tanganrakyat.id – Indramayu – Wakil Bupati Indramayu, Supendi untuk antisipasi tanggul jebol langsung turun tangan tinjau daerah aliran sungai Cimanuk yang di kwatirkan akan jebol di musim penghujan, Rabu (21/11/18).

Asessmants sungai cimanuk berlangsung dari tanggul Desa Rambatan Kulon hingga Waledan Desa Lamarantarung.

Wakil Bupati Indramayu, Supendi mengatakan dimusim hujan sungai cimanuk debit airnya pasti meningkat dan akhirnya jebol juga, untuk itu pihaknya akan koordinasi dengan BBWS Cimanuk Cisanggarung.

” Ini adalah kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung untuk penanganannya,” tegas supendi saat melakukan assessmants dia berharap BBWS tanggap dengan keadaan sungai Cimanuk yang kritis tanggul jebol

Dikatakan Supendi, idealnya tanggul-tanggul yang ada disungai Cimanuk ini sepanjang yang melintas di Indramayu ini diperbaiki secara utuh.

“Karena tanggul-tanggul ini dibuat dari puluhan tahun yang lalu, ini adalah penangannanya sifatnya darurat (Emergency) saja. Ada tanggul kritis penanganannya sementara,” ungkapnya.

Ia menuturkan sedangkan setiap tahun kondisi airnya luar biasa sangat besar ini ancaman bagi masyarakat Indramayu. Sedangkan kewenangan bukan ada pada pemerintah daerah.

“Kita juga nanti bisa mensuport apa saja yang nanti dalam kewenangan kita dan apa saja kewenangan BBWS silahkan dilaksanakan dan kita siap suport dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Di tempat lain , Kepala BPBD Indramayu Edy Kusdiana mengatakan tanggul Sungai Cimanuk yang harus mendapatkan perhatian ekstra yakni sepanjang aliran sungai dari Bangkir hingga Waledan.

Dikatannya, kondisi tersebut pun juga disampaikan saat rakor siaga dengan Pemprov Jabar beberapa hari lalu.

“Terdapat 7 titik tanggul yang masih kritis,”pungkasnya.(KkP/KSpd)

Komentar

News Feed