oleh

Pertamina RU VI Berdayakan Kebun Gizi Bersama Ibu-Ibu PKK

-Daerah, Ekbis-1.266 views

Tanganrakyat.id – Indramayu – Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kecamatan Balongan serta mendukung terciptanya Kabupaten Indramayu bebas stunting, Pertamina Refinery Unit VI Balongan bersama warga binaan melakukan penanaman bibit sayuran di Kebun Gizi Desa Sukareja kecamatan Balongan, Jum’at (11/1).

Penanaman bibit sayuran tersebut diikuti ibu-ibu anggota  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sukareja, Staff CSR RU VI Balongan, serta diikuti oleh perwakilan Kelompok Balongan Bergizi.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan CSR Pertamina RU VI Balongan serta implementasi program Pertamina Sehati terhadap upaya peningkatan kualitas gizi masyarakat yang telah diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan nomor 23 tahun 2014 tentang upaya perbaikan gizi.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan warga disekitar Kilang Balongan.

Eko menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat Balongan terutama gizi pada bayi yang ada di Kecamatan Balongan, sekaligus mendukung program Kabupaten Indramayu bebas stunting.

“Stunting itu merupakan kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebabnya bisa karena kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan. Melalui program ini kami harapkan kebutuhan gizi masyarakat dapat tercukupi”, ujar Eko.

Eko menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat, keluarga, dan seluruh anggota masyarakat dalam mewujudkan perilaku gizi baik dan benar.

Selain untuk meningkatkan gizi masyarakat, penanaman sayuran yang siap jual tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan anggota Kelompok Balongan Bergizi yang sebagian besar juga dari ibu-ibu PKK.

Jenis bibit sayuran yang ditanam merupakan sayuran yang cocok ditanam di daerah pesisir yang notabene memiliki suhu cukup tinggi, diantaranya bibit bayam, terong, cabai, kacang hijau dan beberapa jenis  kacang yang lainnya.(KkP)

Komentar

News Feed