Pertamina Salurkan Hewan Kurban Untuk Warga Indramayu

  • Bagikan
Pertamina Salurkan Hewan Kurban Untuk Warga Indramayu (Foto.Red)

Tanganrakyat.id, Indramayu – Pada perayaan Idul Adha 1440 H yang jatuh pada hari Minggu (11/8), Pertamina turut memanfaatkan moment tersebut dengan melakukan penyembelihan hewan kurban di penjuru nusantara.

Di Pertamina RU VI Balongan, jumlah hewan kurban yang disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqin Bumi Patra sebanyak 19 ekor sapi dan 55 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut kemudian disalurkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kilang dan perumahan Bumi Patra, yaitu Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu, Kecamatan Sindang, Kecamatan Juntinyuat, hingga ke Salamdarma Subang.

Selain itu, daging kurban juga dibagikan kepada para tukang becak, tukang rumput, petugas kebersihan, dan asisten rumah tangga yang sehari-hari bekerja di sekitar Perumahan Pertamina Bumi Patra.

Dalam penditribusian hewan kurban ini, panitia kurban di RU VI bekerjasama dengan pengurus masjid, pondok pesantren, rumah yatim, sekolah, dan instansi pemerintah desa dalam penyaluran hewan kurban tersebut. Hal tersebut disampaikan Ketua BDI RU VI Asrinur.

Asrinur menyampaikan, tahun ini BDI RU VI menerima hewan kurban total 33 sapi dan 67 kambing yang dihimpun di 3 (tiga ) masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan.

General Manager Pertamina RU VI Balongan Nandang Kurnaedi mengungkapkan, penyembelihan hewan kurban dan mendistribusikanya kepada warga sekitar merupakan agenda tahunan yang digelar Pertamina RU VI Balongan melalui Badan dakwah Islam (BDI).

“Pembagian daging kurban kepada masyarakat sekitar merupakan bentuk kepedulian Pertamina RU VI Balongan kepada warga sekitar, kami berharap kegiatan berbagi ini mendapat ridho dari Allah SWT”, ujar Nandang.

Suwita, warga Blok Wisma Jati Kecamatan Balongan menyebutkan, Pertamina RU VI Balongan setiap tahun selalu membagikan hewan kurban untuk warga desanya. Tahun ini, blok desanya menerima 1 ekor sapi kurban dari Pertamina RU VI .

“Alhamdulillah, desa kami mendapat hewan kurban 1 ekor sapi dari RU VI”, ujar Suwita.

Untuk menjamin kesehatan daging kurban saat dikonsumsi, BDI RU VI Balongan juga menghadirkan dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu untuk memeriksa setiap hewan kurban yang disembelih, terutama pemeriksaan organ hati sapi. Setiap hati sapi yang mengandung penyakit maupun cacing akan dibuang agar tidak dikonsumsi warga. (Rel)

  • Bagikan

Comment