oleh

Bupati Indramayu Dan Kalak BPBD Tinjau Tanggul Amblas Di Cimanuk

-Daerah, Peristiwa-1.216 views

Tanganrakyat.id, Indramayu – Tanggul Amblas di Dasar Aliran Cimanuk di Blok Rengas payung Desa Kertasmaya di tinjau Bupati Supendi, Sekda Rinto Waluyo, dan juga Kalak BPBD Drs Edi Kusdiana, Selasa (8/10/2019).

Diketahui bersama bulan Juni 2019 tanggul DAS Cimanuk tersebut mengalami pergeseran dan amblas dengan kedalaman 80 cm dan panjang mencapai 300 meter.

Drs Edi Kusdiana (Tengah) Kalak BPBD Kabupaten Indramayu (Foto. KkP)

Kondisi ini, mengakibatkan putusnya saluran drainase sepanjang 300 meter, retakan badan tanggul sedalam 2 meter, terancamnya 100 unit rumah penduduk, dan terancamnya jalan nasional sepanjang 100 meter.1

Bupati Supendi mengatakan, kunjungan ke lokasi perbaikan tanggul tersebut untuk memastikan perbaikan yang tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu dan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

Berdasarkan data dari DPUPR menyebutkan, untuk penanganan tanggul amblas itu pada tanggal 1-18 Juli 2019 lalu sudah dilakukan pengurugan dengan mengunakan tanah merah dengan panjang tanggul 125 meter dan lebar bawah tanggul 6 meter lebar atas tanggul 3 meter dan tinggi tanggul 275 centimeter.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Drs Edi Kusdiana Menerangkan pihaknya telah membangun posko darurat dan telah menempatkan petugas monitoring yang terus berjaga di tempat tersebut.

Selain itu, BPBD juga telah mendistribusikan bantuan sebanyak 3 kali berupa family kit, peralatan sandang, selimut, matras, lauk pauk, women kit, kecap, ember, gayung, mie instan, air mineral, saos sambal, susu bubuk, creakers, minyak goreng, kerupuk, makanan siap saji, dan makanan tambahan gizi.

Di tempat terpisah Ketua KRI (Komunitas Relawan Independen) Kang Supardi yang fokus di Kebencanaan,  Sosial,  Lingkungan sangat mendukung perbaikan tanggul tersebut dan agar di percepat jangan sampai memasuki musim penghujan karena jika musim penghujan tiba dan pekerjaan tersebut belum selesai bisa mengakibatkan banjir dan masyarakat nanti yang kena imbasnya. (Yuliyah)

Komentar

News Feed