oleh

Kabupaten Indramayu Adakan Rakor Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana

-Daerah, Sosial-937 views

Tanganrakyat.id, Indramayu – Menghadapi Bencana alam Pemerintah Kabupaten Indramayu adakan rapat koordinasi Kesiap Siagaan bencana dengan instansi dan stakeholder terkait di ruang rapat Sekretaris Daerah Indramayu, Rabu (8/1/2020).

Pimpinan rapat Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengungkapkan, segala datangnya potensi bencana alam di Indramayu jangan sampai terjadi kembali, seperti bencana banjir yang belum lama ini menerjang Desa Cikawung dan mengakibatkan ruas jalan 136 kilometer Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tergenang air banjir.

“Kita ketahui bersama akibat meluapnya Kali Cilalanang menyebabkan Desa Cikawung dan Jalan Tol Cipali tergenang air bencana banjir. Dengan kondisi ini, dapat menjadi evaluasi agar potensi bencana alam di Indramayu tidak terjadi dengan memperhatikan tugas dan tupoksi masing-masing dalam menanggulangi bencana,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Taufik mejelaskan, wilayah Indramayu masuk dalam kelas rawan bencana dengan meliputi 4 potensi bencana alam seperti, Banjir, Banjir Bandang, Gelombang Ekstrim dan Abrasi dan Akibat Cuaca Ekstrim.

“Saya ingin bencana alam jangan sampai terjadi di Indramayu. Untuk itu tanggul-tanggul sungai yang rawan jebol dapat diatasi secara dini. Tetapi manakala bencana banjir itu terjadi, bantuan logistik dan kesehatan serta personil dari instansi terkait dapat disiapkan dari sekarang,” harapnya.

Terkait Kondisi Cuaca Indramayu, Kepala Stasiun BMKG Kertajati Jawa Barat Devi Ardiansyah menuturkan, Kabupaten Indramayu dalam rentan bulan Januari hingga Maret akan menghadapi kondisi hujan dengan intensitas menengah dan tinggi.

“Untuk kondisi cuaca di Indramayu mulai bulan Januari hujan dengan kategori menengah dan tinggi, kemudian bulan Februari kondisi hujan tinggi sampai bulan Maret,” tururnya.

Pihaknya meminta dengan kondisi itu dapat menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk bersikap waspada akan timbulnya dampak bencana alam, termasuk banjir yang sangat rentan menerjang wilayah Indramayu.

Di tempat terpisah Ketua FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana), Alam Sukmajaya juga mengungkapkan dengan adanya rapat koordinasi Kesiap Siagaan Bencana tersebut menyambut dengan baik apalagi dengan mengundang semua stakholder berharap dari rapat koordinasi ini, kita sudah dari awal bisa mengantisipasi bilamana terjadi bencana dikabupaten Indramayu menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama hingga semua paham akan tau tupoksinya masing-masing dengan demikian kita bisa memperkecil potensi kerugian yang besar baik itu nyawa, maupun harta benda dan lainya. (KkP)

Komentar

News Feed