oleh

FAI UNWIR adakan Workshop dan FGD Penulisan Jurnal Bereputasi Internasional

Tanganrakyat.id, Indramayu – Dalam meningkatkan mutu dosen dalam penulisan karya ilmiah bereputasi internasional khususnya yang terindeks Scopus, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra bekerjasama dengan Jurnal al-Afkar yang diterbitkan Asosiasi Dosen DPK UIN Bandung mengadakan kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional dengan narasumber utama Prof. H. M. Anton Athoillah, MM guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara digelar pada hari Selasa tanggal 04 Februari 2020 oleh Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu.

Secara panjang lebar Prof. Anton Athoillah menjelaskan bahwa untuk Scopus ID kalau mau dijadikan syarat maju ke Lektor Kepala baiknya sebagai author pertama sekaligus corresponding author. Untuk co author tetap memperoleh KUM, akan tetapi tidak bisa menjadikannya sebagai syarat khusus pengajuan pangkat akademik. Jika sebagai author tunggal, otomatis yang bersangkutan sebagai corresponding author. Disini kita menjadi paham kenapa email harus dicantumkan. Begitupula dalam meningkatkan mutu tulisan, sebaiknya satu artikel dtulis bersama, maksimal 5 orang, dengan tujuan saling mendukung antar dosen untuk menembus jurnal internasional terindeks Scopus.
Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu H. Ibnu Rusydi, MA mengatakan bahwa publikasi jurnal ilmiah sangat dibutuhkan dalam dunia akademik kampus, khususnya untuk kenaikan jabatan fungsional dosen menuju lektor kepala dan guru besar. Acara workshop ini merupakan langkah kongkrit untuk supaya bisa menembus jurnal kajian Islam yang terindeks Scopus.
Ia menjelaskan, dalam kegiatan workshop tersebut dilakukan FGD (Focus Group Discussion) di antara para dosen DPK UIN Bandung yang hadir antara lain, Dr. Manpan Drajat dan Dr. Lukman Hamid, M.Ag dari STAI KHZ Zaenal Muttaqien Purwakarta, Dr Dedi M.Ag dar STAI Tasikmalaya, Dr. Hani Sholihah, M.Ag dari STAINU Tasikmalaya, Dr. H. Dendi Yuda, M.Ag dari IAIC Tasikmalaya, Herry Azhari, M.Ag dan Abdullah Mu’min, M.Ag dari STAI Pelabuhan Ratu, Dr. Sasa Sunarsa, M.Ag dari STAI Musadadiyah Garut, dan Yuliani, M.Ag dari STAI Baitul Arqom Bandung.

Kegiatan ini juga terlaksana atas partisipasi pengelola Jurnal al-Afkar yang semuanya dosen DPK UIN Bandung yang sudah doktor dan ingin meningkatkan jabatan fungsional ke lektor kepala dan guru besar. Selain itu juga diharapkan dilakukan reakrediasi Jurnal al-Afkar sehingga meningkat dari yang saat ini terindeks shinta peringkat 4 masuk ke peringkat Shinta 1 dan terindeks Scopus. (Yul)

Komentar

News Feed