oleh

F-PRB Kirim Rekom Ke BPBD Kabupaten Indramayu Untuk Penanganan Covid-19

-Daerah, Sosial-693 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Indramayu Kirim rekomendasi ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Indramayu terkait penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Indramayu, rekomendasi ini berdasarkan dari hasil mitigasi angket kemudian dilakukan kajian sebagai kerja tupoksi F-PRB, rekomendasi diantaranya sebagai berikut:

1. Perlu adanya transparansi informasi data Covid -19 kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan dan tidak membingungkan masyarakat.

Sekjen F-PRB Kabupaten Indramayu Ns. Riyanto, S.Kep., M.Kep Menyerahkan Rekomendasi Kajian Penanganan Covid-19 Diterima Oleh Doktor Caya Dari BPBD Kabupaten Indramayu (Foto.Red)

2. Perlu dilakukan pemetaan wilayah untuk mengetahui tingkat keparahan atau keterpaparan dari covid-19, sehingga akan terpetakan wilayah dalam zona merah, kuning dan hijau bekerjasama dengan puskesmas dan pemerintahan tingkat desa.

3. Perlu dilakukan sosialisasi yang masif dan langsung kepada masyarakat terkait upaya pencegahan covid-19 dengan bekerjasama dengan pemerintahan tingkat desa.

4. Pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19 di Indramayu perlu dikaji ulang dan harus sesuai SOP pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI dan WHO.

5. Penanganan PDP, ODP dan OTG, saat masih di masyarakat harus sesuai SOP yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI dan WHO.

Ketua Umum F-PRB Kabupaten Indramayu M.Alam Sukmajaya, ST.MSi mengungkapkan kepada media www.tanganrakyat.id bahwa Rekomendasi yang F-PRB berikan kepada pemerintah daerah adalah bagian dari peran F-PRB dalam rangka membantu pemerintah untuk bersama-sama menghentikan penyebaran covid-19 yang dilakukan oleh F-PRB adalah membuat angket yang disebar di 31 kecamatan dengan jumlah responden 620 orang dilakukan dari bulan maret 2020 dalam rangka untuk mengetahui sejauhmana masyarakat tau dan paham akan wabah covid -19 termasuk pencegahan dan pola hidup sehat yg dilakukan dengan angket yang disebar ini kami berharap mendapat gambaran riil dimasyarakat dengan demikian kami bisa menyimpulkan untuk mengambil langkah-langkah strategis pola penanganan yang lebihh baik dan terpola dalam bentuk rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah,”tegas Alam Sukmajaya, Rabu (29/4/2020).

Baca juga:Kepengurusan FPRB Kabupaten Indramayu Resmi Dilantik Oleh Plt Bupati Taufik Hidayat

Harapannya rekomendasi dari F-PRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Indramayu) bisa diakomordir sehingga penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Indramayu bisa secara terpola lebih baik sehingga wabah Covid-19 segera ditanggulangi dengan segera. (C.tisna)

Komentar

News Feed