oleh

KKN Mahasiswa STKIP NU Indramayu Lakukan Gerakan Penghijauan 200 Pohon

-Daerah, Sosial-685 views

Tanganrakyat.id, Indramayu-Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di lakukan oleh Kelompok Mahasiswa Sekolah Tinggi Perguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) NU Indramayu dibawah Yayasan Darul Ma’arif Kaplongan, mengadakan kegiatan penanaman ratusan bibit pohon jati dan mahoni di sepanjang jalan blok Tegal Agung Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Rabu, (26/08/2020).

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh empat mahasiswa KKN STKIP NU Indramayu di Desa Benda ini, dihadiri oleh Satpel Kehutanan Indramayu (Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat). Turut hadir pula Muspika Kecamatan Karangampel, Kepala Desa Benda Nurherna beserta pamong, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan dimulai dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari perwakilan mahasiswa KKN, Bagus Putra Sanjaya kepada Kepala Desa Benda Nurherna yang diwakili oleh Bendahara Desa, H. Darto Sudarto yang dilanjutkan dengan penanaman ratusan bibit pohon di sisi kanan dan kiri jalan bersama masyarakat.

“Untuk kegiatan ini kami namakan program “Penghijauan Lingkungan” yang bertemakan Cegah Penyebaran Wabar dengan Penghijauan Desa Benda. Semoga banyak manfaat dari penanaman pohon yang kami lakukan, khususnya bisa menciptakan penghijauan lingkungan,” ucap Ketua Kelompok Mahasiswa KKN, Bagus Putra Sanjaya dengan didampingi tiga mahasiswa lainnya, Evie Agustin, Azzah Aulia Nahar dan M. Fahmi Syuhada.

Bagus menjelaskan, tidak hanya aksi penanaman pohon, kegiatan KKN tentang pencegahan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) juga sudah dilakukannya. Diantaranya, pembuatan masker dan cairan disinfektan yang dibagikan secara gratis, pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih, pembuatan tempat sampah, westafel, media edukasi tentang covid-19 dan membuat minuman imunitas dan membagikannya secara gratis dengan syarat memakai masker.

Tidak hanya itu, keempat mahasiswa KKN juga ikut turut membantu pelaksanaan pendampingan PJJ siswa maupun pelaksanaan poayandu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga kegiatan KKN yang kami lakukan di Desa Benda ini, dapat bermanfaat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa, Nurherna melalui perangkat Desa Benda H. Darto Sudarto mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama KKN di Desa Benda baik kegiatan dalam mencegah wabah covid-19 maupun kegiatan tanam pohon.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini karena kegiatan mereka (Mahasiswa KKN) ini sangat positif,” katanya.

Pihak pemerintah Desa Benda berharap, kedepannya masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga dan melestarikan bibit yang telah ditanam.

“Mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan. Agar tanaman bisa tumbuh kembang dengan baik dan manfaatnya bisa dirasakan warga masyarakat,” ungkapnya.

Secara terpisah, Camat Karangampel, Dadang Oce Iskandar juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN. Menurutnya, kegiatan penanaman bibit pohon di Desa Benda sebagai upaya positif generasi muda dalam menjaga kelestarian alam.

“Mudah-mudahan dapat memotivasi masyarakat untuk menjaganya,” pungkasnya. (C.Tisna).

Komentar

News Feed