Kang Supardi, Wartawan Muda Penuh Berkah

  • Bagikan
Kang Supardi, Wartawan Muda Penuh Berkah yang juga sebagai Ketua KRI (Komunitas Relawan Independen) Kabupaten Indramayu) (Foto: Istimewa)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Kang Supardi seorang yang santai dan santun kelahiran Kulon-Progo, Yogyakarta ini merupakan pria nyentrik, dan menjadi pengurus diberbagai organisasi diantaranya sbb:
1.Pemimpin Redaksi media tanganrakyat.id yang Berbadan hukum di PT Tunas Warta Sentosa, dari tahun 2018 sampai dengan sekarang.

2.Wakil Ketua SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kabupaten Indramayu masa bakti 2020 s/d.2025.

3.Ketua Aktivis Kemanusiaan Komunitas Relawan Independen (KRI) Kabupaten Indramayu masa bakti 2018-2023.

4.Wakil Bendahara II Pengcab. Tarung Derajat Kabupaten Indramayu periode 2020 s/d.2022.

Kang Supardi, A.Md yang hidupnya selalu bersyukur (Foto: Red)

5.Bendahara I Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Kabupaten Indramayu Jawa Barat periode 2020 s/d.2025.

6.Pengurus Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) tingkat Kabupaten Indramayu Bidang Media Centre masa bakti 2019 s/d.2022

7.Pengurus Pemuda Karang Taruna (PKT) tingkat Kabupaten Indramayu Jawa Barat priode 2020-2025 Divisi Humas

8. Bendahara 1 GENPPARI (Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia)
Kabupaten Indramayu Jawa Barat Masa Bakti 2021 s/d.2023

9. Pengagas / Pencetus FKP3D (Koordinator Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan) Kabupaten Indramayu

10. Ketua TBKD ( Tim Bantuan Keadaan Darurat) di Kebencanaan di KRI (Komunitas Relawan Independen) Kabupaten Indramayu.

11. Sebagai Pengurus Bagian koordinator wilayah ORARI LOKAL Kabupaten Indramayu Periode 2021-2024

Berbagai pelatihan dan Diklat juga dikuti seperti sbb:

1.Pelatihan Jurnalistik 2018 yang diselenggarakan oleh IWO (Ikatan Wartawan Online)

2.Seminar Jurnalistik dengan tema “Tantangan Media di Era Melenial ”

3.Class jurnalistik dengan tema “Meningkatkan kualitas konten di media online”

4.Pelatihan Rehabilitasi dan Psikososial yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Indramayu.

5.Sebagai pemateri Workshop dan Simulasi Penanggulangan Bencana Program Studi Sarjana Keperawatan STIkes Indramayu 2018.

6.Pelatihan HART (High Angle Rescue Techniques) di Surakarta Jawa Tengah

7. Pelatihan Introduksi Aspek LK3
8.Exercise ISPS code Fire Fighting dan Oil Spill Recovery 2011 di terminal khusus Migas PT Pertamina

Kang Supardi merasa bersyukur hidupnya sejahtera penuh berkah, hingga banyak orang menyebutnya sebagai Wartawan penuh berkah.

Pria nyentrik yang hidupnya merasa sudah sejahtera kalaupun tidak bergelimang harta secara berlebihan. Kang Supardi, biasa disapa Kakang Prabu merasa sudah sukses, sejahtera dan semangat setelah lima tahun menjadi wartawan, karena disamping sebagai Wartawan juga mempunyai usaha kuliner Es Cream dan Pedesan Entog kuliner khas Indramayu.

“Saya sudah lima tahun menjadi wartawan, hidupku merasa sudah sejahtera,” katanya sembari senyum simpul, ujarnya. Kamis (14/10/2021) saat ngobrol santai di redaksi tanganrakyat.id.

Wartawan muda yang memiliki hobi menulis dari mulai masuk SMP Negeri Girimulyo Kulon-Progo Yogyakarta, kini ia semangat untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan Muda yang diselenggarakan oleh LUKW Prodi Ilmu Komunikasi PISIF-UMJ, demi meningkatkan kualitas sebagai Jurnalis, dan dinyatakan lulus Uji Kompentensi Wartawan hingga berhak menyandang Wartawan Muda.

Baca juga: Aktivis Kemanusiaan KRI Mendapat Penghargaan Dibidang Kemanusiaan

Dia semangat mengikuti serangkaian kegiatan UKW dari hari Jumat 26-27 Maret 2021 disalah satu Hotel di Jalan Panjaitan Indramayu Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan untuk meningkatkan Kompetensi Wartawan itu diikuti Kang Supardi dengan ikhlas dan senang hati. Itu semua, kata Kang Supardi karena semata-mata ibadah kepada Allah SWT dan meningkatkan profesionalnya sebagai Wartawan Muda.

“Saya berkarya dengan niat baik dan benar semata-mata untuk mencerdaskan bangsa serta yang utama untuk ibadah kepadaNya,” tegas kang Supardi,” ujarnya.

Harapannya saya untuk teman-teman Jurnalis terus menulis dan menulis hingga kita bisa menyajikan berita yang berimbang independen dan terpercaya tentu yang memenuhi standar berita yaitu 5W+1 H.

Karena secara teknis menulis berita itu adalah melaporkan suatu pristiwa dengan menyusun unsur atau elemen berita yang terangkum sebagai berikut: 1.Who-pelaku, subjek siapa, 2.What-peristiwa apa, 3.Where-tempat di mana, 4.When-Waktu kapan, 5.Why-tujuan atau latar belakang pristiwa itu, dan yang terakhir yaitu How-detail Pristiwa bagaimana prosesnya.

Baca juga: Indramayu Banjir, KRI Bantu Evakuasi Warga

Kalau konten berita itu sudah memenuhi ke enam unsur diatas maka sudah bisa dipertanggungjawabkan di publik artinya berita valid, pungkasnya. (Haji Hasim)

  • Bagikan

Comment