Wisata Pantai Karangsong Indah Banget Untuk Wisata Keluarga

  • Bagikan
Wisata Pantai Karangsong Indah Banget Untuk Wisata Keluarga (Foto: Istimewa)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Pantai Karangsong berada di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Jawa Barat. Wisata ini hanya berjarak kurang lebih 19 menit dari keramaian pusat kota Indramayu.

Pantai Karangsong merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Indramayu, Pantai ini mempunyai keunikan pemandangan indah yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak landai juga sangat cocok untuk berwisata keluarga .

Pantai Karangsong merupakan pantai yang indah, dimana pasir pantainya sangat lembut, cocok digunakan untuk bermain pasir juga menikmati sinar matahari pagi. Dengan airnya yang berwarna biru jernih membuat pengunjung betah di pantai tersebut terbukti setiap hari dipenuhi pengunjung.

Sedangkan dikala sore hari dengan hembusan angin pantai yang menyejukkan. Begitu cantiknya sunset disini, kita bisa mengabadikan moment spesial ini dengan berfoto, maupun banyak juga pengunjung yang duduk di sepanjang pantai guna menikmati indahnya pemandangan laut ciptaan Tuhan ini.

Muhamad Royani (kanan) Direktur CV Pancora Jaya, pengelola Pantai Karangsong dan juga sebagai Ketua Penggiat Ragam Wisata Nusantara (PRAWITA) Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) Kabupaten Indramayu Jawa Barat (Foto: Red)

Adalah Muhamad Royani (39) Direktur CV Pancora Jaya, pengelola Pantai Karangsong dan juga sebagai Ketua
Penggiat Ragam Wisata Nusantara (PRAWITA) Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) Kabupaten Indramayu Jawa Barat, saat ditemui di Kantor CV Pancora Jaya mengatakan dari tahun 2018 terus berbenah menuju obyek wisata pantai unggulan.

“Saya terus menata ataupun berbenah dari mulai penataan dibidang Pengelolaan yang berdasar pada Sapta Pesona yaitu menerapkan keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kesejukkan, keramahtamahan dan kenangan, sampai dengan penerapan pada keselamatan dan kesehatan yg tujuannya tidak lain yaitu dapat membikin nyaman wisatawan yang berkunjung di Objek Wisata Pantai Karangsong, serta dapat menumbuhkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pajak Daerah dari sektor Wisata,” terang Royani, Senen (22/11/2021).

Lebih lanjut Muh. Royani menerangkan bahwa sebagai Pengelola Destinasi Wisata Pantai Karangsong dan sebagai Putra Desa Karangsong menyampaikan bahwa destinasi wisata karangsong ini mempunyai karakteristik atau memiliki icon tersendiri, yang artinya pantai Karangsong terdiri dari 4 icon dari analisa saya yaitu adanya pantai, mangrove, tambak dan kapal nelayan.

Muhamad Royani Direktur CV Pancora Jaya pengelola Pantai Karangsong dan juga sebagai Ketua Penggiat Ragam Wisata Nusantara (PRAWITA) Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) Kabupaten Indramayu Jawa Barat saat memberikan bantuan sosial kepada Aktivis Kemanusiaan KRI, dalam rangka Penanggulangan Covid-19 (Foto: istimewa)

Dari 4 ikon ini harapan besar saya dapat menjadi satu dimana dengan adanya pantai yang indah, pembuatan kapal yang besar juga bagian dari wisata, mangrove yang berada dibibir pantai dan tambak yang berada didekat pantai, jadi 4 komponen ini di padukan menjadi satu dalam konsep dengan harapan dari wisata lokal hingga menjadi wisata yang dapat diakui dan dikenal dikancah nasional maupun internasional.

Lanjutnya, kami akui Pengelolaan destinasi wisata pantai karangsong masih semi profesional, dikarenakan pengelolaan kami masih dalam tahap rintisan yang segala sesuatunya penuh dengan keterbatasan, salah satunya adalah belum adanya akses jalan wisata sendiri, fasilitas objek wisata juga belum memadai, atraksi dan wahana wisata juga masih terbatas juga belum adanya area cinderamata atau oleh – oleh yang menjadi buah tangan wisatawan dan belum lengkapnya fasilitas – fasilitas lainnya, akan tetapi Insyaalloh kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang prima demi kenyamanan dan kepuasan wisatawan, yang tentunya dengan dukungan semua pihak, baik masyarakat setempat maupun pihak-pihak terkait lainnya, khususnya pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Pusat.

“Insya Allah kedepan Destinasi Obyek Wisata Pantai Karangsong ini bisa berkembang secara luas di tingkat nasional maupun internasional sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan kerja disektor wisata juga memberikan peluang – peluang usaha baik UMKM, Ekonomi Kreatif, Kesenian dan Kebudayaan serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Indramayu dari Sektor Wisata, dimana pada saat sekarang ini masih dalam keadaan pandemi covid – 19 dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Kemudian, sekarang ini Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Indramayu telah membuka kembali kegiatan Pariwisata terutama Obyek Wisata Pantai Karangsong setelah PPKM dari level 3 turun ke level 2 dan kami tetap menjalankan protokol kesehatan dengan terus menghimbau untuk menerapkan 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas guna mengantisipasi penyebaran covid -19 dan juga setiap wisatawan agar menunjukkan kartu vaksin serta bermasker disaat masuk Obyek Wisata, bagi pengunjung yang tidak bermasker disaat masuk Objek Wisata, kami diberikan masker, dan kami menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, serta untuk pelayanan kesehatan dan penanganan terhadap kecelakaan, kami sediakan ruang khusus yang langsung berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Margadadi, kami pun bekerjasama dengan Asuransi Jasaraharja Putera untuk klaim asuransinya, dan kami juga berkoordinasi dengan Pol Airud, TNI AL, KPLP, Pol PP, Dishub laut, BPBD, Muspika, Pemdes Karangsong dan pihak – pihak yang terkait guna mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan bagi para wisatawan.” Jadi untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Obyek Wisata Pantai Karangsong – Indramayu tidak usah khawatir Insyaalloh aman dan nyaman.

Secara terpisah Ketua Umum GenPPrari Dede Aulawi Farhan terkait destinasi Wisata Pantai Karangsong mengatakan, tata kelola objek wisata Pantai Karangsong bisa menjadi model tata kelola pantai yang bersih dan memiliki semangat inovasi yang tinggi.

“Menjaga kebersihan disekitar lokasi wisata, dengan tidak membuang sampah sembarangan perlu meningkatkan kreativitas dalam mengelola berbagai macam kuliner, dan juga harus giat dalam memberikan promosi agar pengunjung bisa tahu jenis kuliner apa saja yang ada di Pantai Karangsong,” ucap Dede Aulawi Farhan, Senen, (22/11/2021) pukul 11: 28 WIB.

Sedangkan salahsatu pengunjung Klara (25) dari Kuningan saat bincang-bincang dengan awak media menerangkan, dirinya sering liburan ke Pantai Karangsong.

“Pantai Karangsong Indramayu ini sangat indah dan sejuk dan happy pokoknya” ujar Klara.

Baca juga: Pengelola Objek Wisata Pantai Karangsong Bekerjasama Dengan Puskesmas Margadadi Adakan Vaksinasi Untuk Herd Immunity

Klara juga merekomendasikan bagi siapa saja yang belum pernah ke Pantai Karangsong Indramayu, untuk bisa berkunjung dan menikmati keindahan pantai dengan berbagai kulinernya.(Kakang Prabu)

  • Bagikan

Comment