Annual Pertamina Quality Awards Tahun 2022, RU VI Balongan Raih dua Katagori Penghargaan

  • Bagikan
Annual Pertamina Quality Awards Tahun 2022, RU VI Balongan Raih dua Katagori Penghargaan (Foto: Red)

Tanganrakyat.id, Balongan – APQ Awards 2022 adalah Ajang Penganugerahan terhadap Pelaksanaan Agenda Quality khususnya implementasi 4 Pilar Manajemen Kualitas kepada Insan Mutu di dalam ruang lingkup PT Pertamina (Persero). APQ Awards merupakan agenda tahunan dari Fungsi QMS yang sudah berjalan sejak tahun 2010. Tahun ini merupakan tahun ke-12 APQ Awards dilaksanakan.

Pada ajang Annual Pertamina Quality (APQ) Awards Tahun 2022, PT KPI Refinery Unit VI Balongan berhasil meraih dua jenis penghargaan yaitu Platinum dan Gold.

Untuk katagori Platinum diraih oleh Gugus Project Collaboration Improvement (PC-Prove) Go Foam, sedangkan PC Prove Hacep Bagus, PC Prove PHA, PC Prove Asterix, masing – masing mendapat kategori Gold. Sedangkan RU II Platinum = 4, Gold = 4, RU III Platinum = 5, Gold = 3, RU IV = Platinum =1, Gold = 4, serta RU VII = 1 Silver, hal ini terungkap saat diumumkan di Penganugerahan APQ 2022 dilakukan secara online. Rabu (8/6).

Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina, dalam sambutannya mengatakan, sebuah kebanggaan kita bersama tahun ini perhelatan akbar Annual Pertamina Quality (APQ) Awards Tahun 2022 kembali digelar dengan semangat inovasi para perwira pertamina dalam menghasilkan pemulihan pasca pandemik covid. Pertamina terus mendorong terciptanya inovasi dan karya-karya yang dapat direplikasi dan dikomersialisasi dalam rangka mendukung keberlangsungan bisnis perusahan di masa depan

General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan Diandoro Arifian memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dihasilkan oleh insan Pertamina RU VI ini. Diandoro mengatakan, Pertamina sebagai perusahaan yang bertugas memproduksi kebutuhan BBM dalam negeri terus menjaga kebutuhan BBM Nasional bisa terjaga , selain itu juga harus terus berinovasi agar perusahaan dapat keuntungan diantaranya dengan menciptakan inovasi inovasi, baik dengan membuat produk baru maupun melalui inovasi lainnya.

“Semoga penghargaan Platinum dan Gold yang diraih 4 gugus RU VI ini memberikan motivasi dan semangat kepada pekerja RU VI yang lainnya untuk menciptakan inovasi dan menghasilkan karya”, ungkap GM Diandoro Arifian.

Section Head Quality Management RU VI Mohamad Zulkifli menyampaikan hasil yang diraih Pertamina RU VI ini adalah hasil yang baik. “Inovasi yang dipresentasikan pada 6 – 7 Juni 2022, telah diimplementasikan di RU VI dan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan.

“Alhamdulillah hasilnya memuaskan, 4 gugus ini adalah memang yang terpilih setelah diseleksi, kemudian dilakukan coaching clinic maupun upskilling dan tampil dengan performa terbaiknya”, ungkap Zulkifli, Selasa (21/7/2022).

Salah satu contoh inovasi yaitu PC Prove GO Foam dengan terobosan memproduksi produk bahan baku Specialty Chemical dengan nama komersial “Go Foam” (Gasoil for Antifoam) sehingga membuat potensi produksi up to 300 ribu barrel/bulan.

Baca jugaPT Pertamina RU VI Balongan Raih Penghargaan Platinum Di Ajang Pertamina Quality Awards (APQ) 2019

Kamipun sangat berharap untuk pekerja-pekerja Pertamina terutama dari RU VI Balongan untuk terus berinovasi dan berinovasi agar Pertamina menjadi Perusahaan Gas terbaik kelas dunia, pungkasnya. ( Kang Supardi )

  • Bagikan

Comment