Oi Indramayu Tanam Vetiver Di Tanggul Mbung Wirakanan

  • Bagikan
Oi Indramayu Tanam Vetiver Di Tanggul Mbung Wirakanan (Foto. Ato)

Tanganrakyat.id, Indramayu-Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya tanggul longsor di sekitar Mbung Wirakanan, Oi Kabupaten Indramayu mengajak Pemerintahan Desa Wirakanan tanam Rumput Vetiver di sepanjang tanggul Wirakanan, Sabtu (15/02/2020).

Selain bersama dengan Warga Wirakanan Oi juga menggandeng Relawan I-DERU untuk lakukan Tanam Vetiver. Menurut Ketua Oi Indramayu, Ali Said Sadar akan bahaya bencana longsor, BNPB melalui BPBD Kabupaten Indramayu mengajak semua relawan Salah saktunya Organisasi Oi untuk mengajak masyarakat diwilayah pinggir tanggul mensosialisasikan, menanam, menyiram dan menjaga Rumput Vetiver.
Organisasi Oi mengajak pemerintah Desa Wirakanan agar dapat bersama sama menanam, menyiram dan menjaga Rumput Vetiver yang tergolong masih baru diwilayah Kabupaten Indramayu.

“Melalui BPBD Kabupaten Indramayu mengajak semua relawan Salah saktunya Organisasi Oi untuk mengajak masyarakat diwilayah pinggir tanggul mensosialisasikan, menanam, menyiram dan menjaga Rumput Vetiver,” Ujar Said, (16/022020).

Masih menurut Said Penanaman rumput Vetiver ini diharapkan mencegah longsor dan turunnya sedimen tanah yang juga menyebabkan pendangkalan Pada Embung.

Jumlah yang ditanah mencapai 4 Ribu bibit rumput vetiver yang diharapkan berhasil mencegah terjadinya longsor di kawasan Embung, pungkasnya.

Warga Wirakanan menyatakan sangat mendukung penanaman rumput ini karena akarnya yang sangat kuat di dalam tanah, sehingga mampu menahan tanah di kemiringan, seperti yang banyak terdapat dilahan pertanian Wirakanan. (KkP).

  • Bagikan

Comment